Mengenal Green Beauty dan Mengapa Tren Ini Patut Dicoba

Beauty Journal24 Sep 2019, 18:35 WIB
Kulit Cantik

Fimela.com, Jakarta Sudah sejak lama produk-produk organik dan natural menjadi alternatif di industri kecantikan, terutama bagi perempuan yang memilih untuk menggunakan lebih banyak produk alami untuk kesehariannya. Seiring dengan perkembangan dunia kecantikan, semakin banyak pula perempuan yang menginginkan rutinitas dengan mengandalkan produk natural. Dari keinginan para perempuan ini, belakangan mulai bermunculan produk-produk dengan tren kecantikan alami seperti clean beauty, penggunaan produk organik, dan green beauty. Dan beberapa waktu belakangan, tren green beauty mulai meningkat serupa dengan konsep clean beauty. Sebagai tren kecantikan, green beauty memiliki metode yang berbeda dari clean beauty. Lalu apa sebenarnya tren green beauty ? Dan mengapa tren ini patut untuk dicoba?

Makna Green Beauty dan perbedaannya dengan Clean Beauty?

Apa perbedaan antara green beauty dengan clean beauty? Clean beauty adalah salah satu kategori tren kecantikan yang merujuk pada penggunaan produk yang non-toksik terlepas dari bahannya yang natural ataupun tidak. Clean beauty lebih menekankan untuk menghindari bahan-bahan sintetis yang beracun dan karsinogenik yang juga dapat membahayakan. Sementara itu, sebagai sebuah prinsip kecantikan, green beauty menekankan pada penggunaan produk-produk perawatan dan kecantikan yang tidak hanya sepenuhnya aman bagi tubuh tapi juga bagi planet dan masyarakat di dalamnya. Hal ini berarti menggunakan bahan-bahan dari tumbuh-tumbuhan baik di darat ataupun laut sebagai kandungan utamanya.

Proses mendapatkan bahan tersebut pun harus melalui fairtrade (perdagangan yang jujur). Fairtrade menekankan pada pembelian bahan yang adil pada produsen tanpa melakukan tindakan semena-mena agar mendapatkan bahan dengan harga serendah mungkin. Seperti yang telah disebutkan di atas, produk green beauty haruslah bersifat aman bagi tubuh yang berarti jika bahan tersebut masuk ke dalam bloodstream (aliran darah), maka ia tidak mengandung racun. Green beauty juga bertujuan agar mengurangi jejak karbon para penggunanya melalui kemasan yang tidak akan membahayakan lingkungan.

Manfaat Green Beauty

Mencoba diet skincare
Ilustrasi mengenal skincare/copyright shutterstock

Ada begitu banyak manfaat saat mulai menjalankan green beauty. Tak hanya dari hal-hal yang telah disebutkan di atas, namun juga dari segi kesehatan kulit. Sebagai salah satu organ terluas yang ada di tubuh, tentu kulit juga membutuhkan asupan nutrisi yang sempurna. Dengan menggunakan bahan non-sintetis dan berasal langsung dari alam, kulit akan lebih mendapatkan banyak nutrisi dibanding kandungan kimia. Bahan natural di dalam produk kecantikan juga lebih aman bagi kulit dan tidak mudah memicu iritasi bahkan pada kulit yang sensitif sekalipun. Manfaat menjalani green beauty tak berhenti sampai di situ, dengan kandungan yang sepenuhnya berasal langsung dari alam, efektivitas produknya pun tak kalah dibanding skin care atau makeup yang dihasilkan melalui proses produksi di pabrik. Tentunya penggunaan produk green beauty juga membuatmu berkontribusi pada keselarasan alam yang terasa semakin tak seimbang.

Brand dengan komitmen sebagai bagian dari Green Beauty

skincare
Ilustrasi skincare korea/copyright shutterstock

Dengan tingginya peminat green beauty di berbagai belahan dunia, berbagai brand kecantikan dengan klaim green beauty pun semakin marak di pasaran. Namun tak semua brand tersebut melabeli diri sebagai green beauty brands karena memang menganut prinsip-prinsip ‘green’ sejak awal. Ada pula yang menggunakan istilah green beauty sebagai strategi pemasaran, karena itu kamu perlu jeli saat ingin membeli produk dengan label green beauty.

Beberapa produk asal luar negeri seperti Au Naturale, Juice Beauty, dan Plain Jane Beauty adalah contoh dari brand yang mengedepankan prinsip green beauty tak hanya dari bahan dan pengemasan, tapi juga dari cara mereka mengelola usaha. Memang sulit untuk mulai menggunakan produk-produk dari brand yang berkomitmen pada green beauty, namun bukan berarti hal ini tidak mungkin untuk dilakukan. kamu bisa mulai mencoba beberapa brand lokal seperti Skin Dewi atau Sensatia Botanicals jika ingin mulai memilih konsep green beauty dalam rutinitas kecantikan.

Baca juga: Apa Perbedaan Label Kosmetik Organic, All Natural, Non Toxic, dan Chem-Free?

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓