5 Langkah Perawatan Wajah untuk Mengurangi Tampilan Melasma

Beauty Journal25 Sep 2019, 18:35 WIB
Perawatan Wajah

ringkasan

  • Rutin melakukan eksfoliasi
  • Coba lakukan chemical peeling treatment
  • Memilih jenis KB yang minim efek samping
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Chloasma, atau lebih dikenal dengan sebutan melasma adalah suatu masalah kulit yang dapat dialami baik oleh perempuan ataupun pria. Namun, menurut American Academy of Dermatology, 90 persen orang yang mengalami melasma adalah perempuan. Melasma merupakan kondisi yang menyebabkan munculnya bercak berwarna cokelat kehitaman pada beberapa area wajah, maupun bagian tubuh lain yang banyak terkena matahari. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena melasma, di antaranya adalah paparan sinar matahari, perubahan hormon akibat kehamilan, konsumsi obat-obatan jenis tertentu seperti Pil KB, serta produk kecantikan yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Umumnya, melasma memang sangat sulit untuk dihilangkan butuh treatment khusus guna mengatasinya. Tapi ada beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi tampilan melasma yang dapat kamu coba, seperti berbagai perawatan berikut ini.

Rutin melakukan eksfoliasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi masalah kulit satu ini adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah maksimal dua kali seminggu. Eksfoliasi kulit tak hanya bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang jadi penyebab wajah kusam, tapi juga dapat membantu menyamarkan tampilan bercak hitam pada kulit secara bertahap. Namun perlu diingat, Sahabat FImela juga perlu memerhatikan bagaimana cara eksfoliasi yang tepat sesuai dengan jenis kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, kamu bisa mencoba menggunakan produk chemical exfoliate yang mengandung kojic acid, dan memiliki sifat eksfoliasi lebih lembut.

Selalu gunakan tabir surya

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Untuk menghindari melasma atau mengurangi produksi bercak cokelat kehitaman pada wajah alias hiperpigmentasi, maka kamu tidak boleh lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari. Sunscreen akan melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, serta menekan produksi melasma pada kulit sehingga bintik hitam pada kulit tidak semakin parah. Selain itu, agar perlindungan kulit semakin optimal, kamu dapat menggunakan topi dan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar ruangan saat siang hari.

Gunakan produk skin care dengan kandungan Vitamin C atau Tretinoin

Produk kecantikan yang mengandung Vitamin C, salah satunya serum wajah, dapat digunakan untuk mencegah ataupun menyamarkan tampilan melasma pada kulit. Kandungan anti-oksidan pada Vitamin C dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan tretinoin yang tak lain adalah turunan dari Vitamin A. Tretinoin diklaim dapat meningkatkan laju peluruhan sel-sel kulit mati, sehingga bercak melasma pun bisa lebih cepat memudar.

Coba lakukan chemical peeling treatment

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Selain eksfoliasi di rumah, kamu juga bisa melakukan chemical peeling treatment guna mengurangi tampilan melasma pada wajah. Chemical peeling adalah prosedur perawatan dengan menggunakan asam glikolat atau zat abrasi kimia sejenisnya untuk mengelupas lapisan luar kulit yang terkena melasma. Selain chemical peeling, ada beberapa jenis treatment lain yang diklaim dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi, seperti mikrodermabrasi dan dermabrasi, laser, ataupun platelet-rich plasma (PRP). Namun perlu diingat, sebelum melakukan tindakan tersebut pastikan kamu berkonsultasi dengan dermatolog yang terpercaya dan bersertifikat untuk menghindari kemungkinan efek samping dari perawatan tersebut.

Memilih jenis KB yang minim efek samping

Seperti yang telah dijelaskan di awal, obat-obatan jenis tertentu, seperti pil kontrasepsi dapat memengaruhi perubahan hormon sehingga memicu terbentuknya melasma. Jika kondisi tersebut yang terjadi, maka sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mencari alternatif selain mengonsumsi pil kontrasepsi. Selain itu, kamu juga perlu menjaga pola pikir untuk menghindari stres. Karena stres dapat memperparah ketidakseimbangan hormon, yang bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya melasma pada kulit.

Baca Juga: Selain Sinar Matahari, Berbagai Faktor Berikut Juga Bisa Jadi Penyebab Hiperpigmentasi Pada Kulit

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓