FIMELA FEST 2019: Acne Positivy Movement, Aksi Positif untuk Hadapi Jerawat

Nabila Mecadinisa28 Sep 2019, 16:00 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta  Jerawat memang menjadi masalah kulit yang tak kunjung usai. Hilang satu, tumbuh lagi, dan begitu seterusnya. Mungkin saat kita remaja, timbul jerawat adalah hal wajar di saat kita lagi puber, Tapi jika terjadi di usia dewasa, hal ini akan memberi efek yang berbeda.

Faktanya, adult acne masih sering kita jumpai. Hal tersebut tentu sangatlah menjengkelkan. Penyebab utama jerawat yang muncul di usia dewasa adalah faktor hormonal, stres, dan juga gaya hidup. Hal itulah yang membuat orang dewasa rentan mengalami masalah jerawat.

Tak pandang siapapun, jerawat bisa ditemui pada siapa saja. Bahkan orang-orang terkenal sekalipun. Sejumlah selebritas papan atas seperti Alicia Keys, Cameron Diaz, hingga Kendall Jenner, pernah mengalami masalah jerawat dewasa. Efeknya? Tentu rasa percaya diri akan menurun drastis, bahkan seringkali mereka menjadi terpuruk dan menurunkan rasa motivasi diri.

Hal ini tidak terjadi pada satu atau dua orang saja, namun pada umumnya hal ini akan dirasakan bagi siapapun yang mengalami masalah jerawat. Bahkan seperti yang dilansir dari Glamour.com, sebuah inisiasi gerakan positif hadir dengan #AcnePositivy.

Hailey Wait

Jerawat
Jerawat Hailey Wait (Foto: Hailey Wait/ Instagram)

Berawal dari Hailey Wait, seorang blogger berusia 18 tahun. Dirinya mengunggah sebuah foto yang cukup menginspirasi. Alih-alih menutupi jerawatnya dengan makeup, ia justru membiarkan jerawatnya tersebut terlihat. Ia memberikan caption penuh makna pada foto tersebut dengan arti "Jerawat tidak membuat kita terlihat jelek, namun hati yang penuh kebencian yang membuat kita terlihat buruk." Hal ini tentu sangatlah menyadarkan kita tentang masalah jerawat yang selalu mengganggu.

Leia Immanuel

Jerawat
Jerawat Leia Immanuel (Foto: artdr3am/ Instagram)

Bahkan blogger remaja Leia Immanuel lewat akunnya @artdr3am juga mengunggah foto dirinya tanpa makeup dengan menampilkan kulit aslinya yang penuh jerawat. Captionnya berbunyi "You alwas see these 'perfect' people with ideal skin and body visual on social media, and I wanted to spread the message that these people have flaw too, so don't compare yourself to what you see online," ungkapnya. Tentu hal ini juga membuka mata kita tentang bagaimana cara diri kita memandang diri sendiri dan selalu membandingkannya dengan orang lain yang terlihat sempurna di mesia sosial. Padahal, jerawat adalah hal wajar, bekas jerawat juga sah-sah saja, jadi jangan jadikan hal tersebut sebagai penyebab patahnya semangat.

Peter DeVito

Jerawat
Jerawat Peter DeVito (Foto: Peter DeVito/ Instagram)

Peter DeVito seorang pelajar dari FIT juga mengunggah seri foto yang tidak diedit, dan diambil secara close-up pada area kulitny yang berjerawat. Ia menambahkan tulisan pada foto tersebut yang berbunyi "acne is normal"

Melihat masalah jerawat yang membuat banyak orang patah semangat tentu menjadi perhatian yang cukup serius. Dengan berani mendefinisikan kecantikan secara luas, tentu akan membuat diri kamu memiliki pandangan yang terbuka akan definisi cantik yang sesungguhnya.

Ingin tahu lebih banyak tentang redefined beauty? Fimela Fest 2019 akan mengajak sang beauty Guru Affi Assegaf untuk ngobrol-ngobrol seru dengan tema Brave Bold Beauty. Penasaran seperti apa keseruannya? Daftarkan dirimu segera dan dapatkan kesempatan untuk hadir di Fimela Fest 2019 pada tanggal 16 - 17 November 2019 di sini!

 
Lanjutkan Membaca ↓