Yuk, Ketahui Penyebab Munculnya Ketombe di Sini

Beauty Journal30 Sep 2019, 15:45 WIB
Ketombe

Fimela.com, Jakarta Dandruff atau yang lebih akrab disebut ketombe, merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada area kulit kepala. Ketombe yang menumpuk di kulit kepala akan terasa gatal sehingga membuat orang yang mengalaminya kerap menggaruk kepala. Akibat rasa gatal dan garukan inilah jadi timbul sensasi panas di kulit kepala serta muncul serpihan putih pada rambut.

Walau terkesan sepele, ketombe yang dibiarkan bisa bertambah parah. Bahkan, mampu menurunkan rasa percaya diri para penderitanya. Untuk itu, ketombe perlu diatasi sesegera mungkin. Terlebih, rambut adalah ‘mahkota’ para perempuan yang dapat menunjang penampilan. Namun, sebelum mencari tahu bagaimana solusinya, coba ketahui dulu deh, kira-kira hal apa saja sih yang jadi penyebab munculnya ketombe?

1. Psoriasis

Dilansir dari Mayo Clinic, psoriasis adalah suatu kondisi kulit yang mempercepat siklus hidup pada sel-sel kulit sehingga hal tersebut mengakibatkan sel tumbuh secara cepat dan menumpuk pada permukaan kulit. Kondisi tersebut akhirnya menimbulkan sisik dan bercak merah yang gatal dan perih pada kulit. Psoriasis sendiri dapat terjadi pada kulit kepala yang akhirnya memicu munculnya ketombe.

2. Tidak membersihkan sisir secara berkala

menyisir-rambut-140209b.jpg
Ilustrasi menyisir rambut

Walau sering dianggap sepele, menjaga kebersihan sisir itu wajib. Jika tidak, jangan heran jika kondisi ketombe semakin parah. Banyaknya kuman dan kotoran yang bersarang di dasar dan gerigi sisir akan menimbulkan iritasi serta rasa gatal di kulit kepala. Nah, daripada kondisinya semakin memburuk, alangkah baiknya jika kamu rajin membersihkan sisir minimal sebulan sekali. Cara membersihkannya cukup mudah, kok! Rendam sisir dalam air hangat, lalu sikat seluruh bagian dengan sabun cair atau sampo menggunakan sikat gigi bekas. Bilas hingga bersih, dan keringkan.

3. Jamur

Hampir sama dengan kotoran, jamur dapat menjadi salah satu penyebab mengapa kamu mengalami ketombe. Umumnya, jenis jamur ragi seperti malassezia dapat hidup di kulit kepala di mana semakin bertumbuh, akan semakin mengiritasi dan memperbanyak timbulnya serpihan kulit mati atau ketombe pada rambut kamu. Dilansir dari Science Daily, tumbuhnya jamur malassezia disebabkan oleh adanya minyak dan lemak karena kulit kepala yang lembap dan kotor.

Baca Juga: Tak Hanya Kulit, Merawat Rambut dengan Produk Halal Ternyata Penting Juga, Lho!

4. Kulit kepala kering

Mengeringkan rambut
Ilustrasi mengeringkan rambut/copyright shutterstock

Hal yang sering menjadi penyebab utama seseorang mengalami masalah ketombe adalah kondisi kulit kepala yang kering. Pemilik kulit kepala kering akan rentan mengalami iritasi, gatal, atau peradangan serta mengalami masalah kulit seperti ketombe. Selain itu, banyak juga orang yang berasumsi kalau kulit kepala yang kering tidak perlu sering mencuci rambut atau berkeramas. Padahal jika tidak dibersihkan secara rutin, berbagai kotoran dan minyak akan menumpuk di kulit kepala yang akhirnya juga bisa memicu timbulnya ketombe pada rambut.

5. Akibat salah pilih shampoo

Seperti kulit wajah, jika tidak cocok dengan suatu produk, kulit kepala juga akan memberikan reaksi. Entah itu iritasi biasa atau yang serius seperti dermatitis. Mungkin tidak semua orang memiliki kulit kepala yang sensitif. Jika kamu termasuk ke salah satunya, usahakan untuk memilih sampo yang aman dan cocok dengan rambut serta kulit kepala, ya.

Baca Juga: Deretan Kandungan Bahan Alami yang Baik untuk Merawat Rambut dan Kulit Kepala

#GrowFearLess with FIMELA

 

Lanjutkan Membaca ↓