FIMELA FEST 2019: Dobrak Stigma, Produk Kecantikan Ini Tuai Pesan Positif Lewat Iklan yang Berbeda

Nabila Mecadinisa04 Okt 2019, 07:30 WIB
FIMELA FEST 2019: Dobrak Stigma, Produk Kecantikan Ini Tuai Pesan Positif Lewat Iklan yang Berbeda

Fimela.com, Jakarta Melihat beberapa belas tahun yang lalu, cantik identik dengan sosok perempuan yang tinggi, memiliki rambut indah, panjang, dengan kulit putih tanpa cela. Hal tersebut tentu menciptakan stigma tersendiri bagi standar kecantikan yang ada. Akhirnya, banyak para perempuan yang berlomba-lomba mengejar standar kecantikan tersebut dan rela melakukan apapun demi terlihat cantik.

Hal ini juga membuat seseorang tak menjadi dirinya sendiri bahkan banyak perempuan merasa tak cantik akibat tidak sesuai 'standar' yang ada. Namun di era yang semakin berkembang, para perempuan mulai memiliki definisi yang beragam mengenai kata 'cantik'. Ternyata cantik tak selalu harus menampilkan fisik yang sempurna. Cantik bersumber dari dalam hati dan bagaimana sifat serta moral dari orang tersebut.

Momentum di mulai pada tahun 2017 di mana sejumlah kampanye produk kecantikan dirancang membawa pesan positif akan standar kecantikan yang ada. Perubahan mulai terjadi dan menjadi perayaan bagi para perempuan yang memiliki ukuran tubuh pluz size, kecantikan yang hadir di segala range umur, jerawat yang mulai ditampilkan pada sejumlah iklan, body hair, dan lain sebagainya. 

Hingga saat ini, sejumlah iklan produk kecantikan berlomba-lomba menampilkan iklan yang membawa pesan positif. Diantaranya adalah: 

 

CVS dengan kampanye Photoshop-Free

Pada bulan Januari, CVS mengumumkan tidak lagi menggunakan digital altered images pada iklan mereka. CVS Beauty Mark memberikan watermark pada setiap iklan yang ditampilkan dengan tulisan "gambar ini tidak diedit." Perusahaan ini menampilkan tampilan sesungguhnya dan apa adanya tanpa proses retouching.

Billie yang menampilkan Body Hair

 
 
 
View this post on Instagram

Yep, hair there too. 👀

A post shared by Billie (@billie) on

Para perempuan identik dengan tubuh mulus tanpa adanya bulu yang mengganggu. Kali ini gebrakan baru hadir melalui Billie yang merupakan razor company dengan iklan yang berbeda dari biasanya. Kampanye ini menampilkan body hair pada iklannya dengan nama Project Body Hair. Kampanye ini membawa pesan bahwa "mencukur adalah opsi pribadi dan setiap orang tidak seharusnya menghimbau orang lain untuk bercukur."

 

Revlon x Ashley Graham

 
 
 
View this post on Instagram

BTS at my @Revlon #LiveBoldly campaign 💋💄💋 Follow @revlon to find out more about #LiveBoldly #Revlon

A post shared by A S H L E Y G R A H A M (@ashleygraham) on

Ashley Graham menjadi salah satu pelopor stigma kecantikan masa kini. Bertubuh pluz size, Ashley Graham terpilih menjadi model yang berjalan di sejumlah rumah mode ternama. Bahkan brand kecantikan Revlon juga menjadikan dirinya sebagai wajah dari kampanye mereka yakni "Live Boldly" dengan pesan penuh makna.

KKW Body

 
 
 
View this post on Instagram

Introducing TWO new #KKWBODY Fragrances launching this Friday, 11.02 at 12PM PST at KKWFRAGRANCE.COM #KKWFRAGRANCE

A post shared Bran kecantikan milik Kim Kardashian juga menampilkan standar kecantikan yang berbeda lewat kampanye kecantikan mereka. Kali ini, ia menampilkan iklan yang menampilkan "perfect" body. dengan menghadirkan plus-size women, berpose nude, den mengekspose tubuhnya secara jelas. Pesan di balik iklan ini ingin menyampaikan bahwa setiap perempuan memiliki bentuk tubuh masing-masing dan perbedaan pada setiap orang adalah hal wajar. by KKW FRAGRANCE (@kkwfragrance) on

Brand kecantikan milik Kim Kardashian juga menampilkan standar kecantikan yang berbeda lewat kampanye kecantikan mereka. Kali ini, ia menampilkan iklan yang menampilkan "perfect" body. dengan menghadirkan plus-size women, berpose nude, dengan tampilan tubuhnya secara jelas. Pesan di balik iklan ini ingin menyampaikan bahwa setiap perempuan memiliki bentuk tubuh masing-masing dan perbedaan pada setiap orang adalah hal wajar.

Fimela Fest 2019

Fimela Fest 2019
Fimela Fest 2019

FIMELA ingin mengajakmu menjadi perempuan Indonesia yang tangguh, dan terbebas dari rasa takut sekaligus bangga dengan kecantikan dirinya masing-masing. Ketahuilah bahwa setiap perempuan terlahir istimewa. Yuk, Grow Fearless bersama Fimela. Pada Fimela Fest 2019 yang akan terselenggara pada 11 - 17 November nanti, Affi Assegaf, sang beauty guru akan hadir membawa tema "Brave Bold Beauty" Jangan sampai ketinggalan keseruan ini, dan segera daftarkan dirimu di sini untuk dapatkan undangan FIMELA FEST 2019.

 

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓