4 Kebiasaan dan Gaya Hidup yang Pengaruhi Kerutan di Wajah

Vinsensia Dianawanti07 Okt 2019, 08:30 WIB
Ilustrasi kerutan

Fimela.com, Jakarta Siapapun akan mengalami proses penuaan yang dimulai dengan munculnya kerutan di wajah. Namun kerutan yang muncul di wajah bisa diperlambat.

Cepat atau lambatnya kerutan di wajah yang muncul dipengaruhi oleh kebiasaan dan gaya hidup yang dijalani. Melansir dari WebMD pada Jumat (4/9/2019) kamu perlu memerhatikan kebiasaan dan gaya hidup yang kamu jalani untuk mencegah munculnya kerutan di wajah.

1. Kerusakan kulit akibat matahari

Bagi kamu yang beraktivitas di luar ruangan, perubahan kulit tidak dapat dihindari. Paparan sinar matahari membuat serat-serat elastis kulit akan rusak yang memungkinkan timbulnya kerutan. Sinar matahari juga berdampak pada munculnya bintik hitam di wajah.

Jangan lupa untuk selalu gunakan tabir surya. Disarankan untuk menggunakan produk dengan minimal SPF 15 di seluruh bagian tubuh. Termasuk wajah, tangan, dan anggota tubuh yang terbuka lainnya. Kenakan topi ketika keluar rumah.

2. Hindari kebiasaan merokok

Kerutan akan terjadi lebih cepat dan lebih dalam pada orang yang merokok. Berkurangnya aliran darah ke wajah dan kerusakan akibat bahan kimia beracun menjadi penyebabnya. Selain itu, perokok cenderung menyipitkan mata untuk mencegah asap masuk ke mata mereka, ini yang dapat menyebabkan keriput.

 

 

3. Minum alkohol berlebihan

[Fimela] Kerutan
Ilustrasi kerutan di dahi | unsplash.com

Bukannya tidak boleh, maksimal seorang laki-laki hanya disarankan minum dua gelas, sementara perempuan satu gelar. Ini berkaitan dengan kesehatan kulit dan tubuh secara umum. Orang yang minum alkohol terlalu banyak biasanya juga tidak dibarengi dengan konsumsi makanan sehat. Sehingga nutrisi bagi tubuh akan berkurang.

4. Diet

Kulit membutuhkan nutrisi untuk memerangi sinar matahari dan regenerasi. Ketika terlalu makan junk food, artinya nutrisi yang masuk tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Antioksidan seperti vitamin C dan E serta vitamin A dan B Biotin sangat penting untuk kulit yang sehat.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓