Sering Bikin Galau, Gimana Sih Cara Efektif Mengatasi Kerontokan Rambut?

Wuri Anggarini02 Des 2019, 00:01 WIB
Sering Bikin Galau, Gimana Sih Cara Efektif Mengatasi Kerontokan Rambut?

Fimela.com, Jakarta Sering diibaratkan sebagai mahkota penampilan, rambut memang jadi salah satu hal yang mendongkrak penampilan. Rambut sendiri adalah bagian dari tubuh manusia yang tumbuh di area-area tertentu dan terbanyak di daerah kepala. 90% berat rambut adalah kandungan Keratin yaitu protein dengan stuktur helix berikatan dengan disulfide, mengandung Carbon 50%, Oxygen 23%,Nitrogen 17%,Hydrogen 6% dan Sulfur 4%.

Jadi salah satu bagian tubuh yang unik, kerontokan hingga memicu kebotakan merupakan masalah yang umum terjadi. Yuk, cari tahu beberapa faktanya di sini.

Mengenal Kerontokan Rambut

Pertumbuhan rambut sendiri sekitar 0,3mm/hari atau sampai 4cm dalam satu tahun. Rambut sendiri memiliki 3 siklus, yang terdiri dari masa pertumbuhan yaitu anagen, masa transisi atau catagen, dan masa istirahat atau telogen.

Kondisi kerontokan sendiri nggak hanya bisa terjadi pada perempuan, tapi juga dapat menyerang laki-laki. Masalah kebotakan ini juga bisa terjadi di kepala secara tidak merata atau hanya sebagian saja, yang dikenal dengan istilah Alopecia Areata.

Agar bisa mengatasi kerontokan rambut dengan lebih maksimal, penting mengenal penyebab kerontokan rambut. Kondisi tersebut seringnya dipicu malnutrisi (kekurangan  zat gizi dan mineral), penyakit kronis, pasca operasi, depresi, keracunan, pewarnaan rambut, beberapa jenis obat -obatan seperti kemoterapi, radioaktif dan logam berat, hormonal, genetik, penyakit kandungan seperti PCOS (polikistik ovarian sindrom).

Sering Bikin Galau, Gimana Sih Cara Efektif Mengatasi Kerontokan Rambut?
©Shutterstock

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Beberapa tes untuk mendiagnosa kerontokan rambut seperti PULL TEST, Hair Diagnostic Trichogram dan Hair Diagnostic Trichosan perlu dilakukan untuk membedakan pada saat masa apakah kerontokan rambut terjadi. Jadi, bisa diketahui penyebab kerontokan rambut yang lebih jelas.

Penanganan kerontokan rambut sendiri cukup beragam. Ada yang bisa menggunakan sampo, produk krim, lotion, tonik, serum topical, mesoterapi, obat atau vitamin yang banyak tersedia di pasaran. Tapi, jangan lupa harus sesuai dengan rekomendasi dokter. Namun, ada juga kasus kebotakan yang sulit diobati dengan pengobatan dan perawatan sehingga hair implant dapat menjadi solusi yang bisa menjadi pilihan.

EMC Plastic Surgery and Aesthetic Center  mempunyai layanan Hair Implant, oleh Prof.DR.Dr.David S.Perdanakusuma, Sp.BP-RE(K). Dikenal dengan pengalamannya dan jam terbang tinggi, ia akan memberikan penjelasan proses untuk hair implant tersebut. Tindakan tidak memerlukan pembiusan, tidak memerlukan rawat inap. Info lebih lengkap klik di sini.