Mengenal Pengobatan Jerawat Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Fotosensitifitas

Beauty Journal05 Okt 2019, 18:35 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat, baik menggunakan acne spot treatment di rumah, hingga melakukan berbagai tindakan di klinik kecantikan. Setelah menggunakan obat jerawat atau melakukan tindakan, efek yang biasanya muncul pada kulit adalah kondisi kulit yang kering, mengelupas, kemerahan, hingga membengkak. Selain itu, ternyata kulit juga menjadi lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari, lho. Kondisi kulit yang lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari ini sering disebut dengan istilah fotosensitifitas atau photosensitive skin. Bagi kamu yang juga kerap menggunakan obat jerawat dan melakukan tindakan di klinik kecantikan, berikut beberapa hal yang perlu diketahui untuk melindungi kulit yang lebih sensitif terhadap sinar UV!

 

Apa itu kondisi fotosensitifitas?

Fotosensitifitas adalah sebuah istilah dalam perawatan kulit untuk menyebut suatu kondisi kulit yang lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari melebihi kondisi normal biasanya. Kulit yang lebih peka terhadap sinar UV ini akan mudah mengalami iritasi dan terbakar ketika terlalu banyak terpapar sinar matahari. Selain itu, kondisi photosensitive skin juga bisa memunculkan masalah lain seperti ruam, kulit bersisik hingga noda hitam pada wajah yang disebut dengan hiperpigmentasi. Nah, kondisi ini seringkali dialami oleh seseorang yang baru saja menggunakan obat jerawat sendiri di rumah atau melakukan tindakan khusus di klinik kecantikan. Apa saja kandungan di dalam obat jerawat dan digunakan di klinik kecantikan untuk mengatasi jerawat?

Ragam kandungan dan treatment jerawat yang menyebabkan fotosensitifitas

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Sebagian besar kandungan yang digunakan untuk membantu mengatasi jerawat dapat menyebabkan kondisi fotosensitifitas pada kulit wajah. Setelah diaplikasikan pada kulit yang berjerawat, reaksinya kulit akan mudah terbakar sinar matahari, bahkan bagi mereka yang biasanya tidak mudah mengalami hal tersebut. Agar bisa memberika perlindungan maksimal, berikut beberapa kandungan dan pengobatan jerawat yang dapat menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari:

  • Topical RetinoidsBenzoyl PeroxideAntibiotik (Doxycycline, Tetracycline dan Minocycline)
  • Isotretinoin
  • Alpha Hydroxy Acids (AHAs)
  • Mikrodermabrasi
  • Chemical peeling
  • Laser

Tips melindungi kulit setelah melakukan perawatan jerawat

Jerawat/mlg
Ilustrasi Cystic acne/copyright shutterstock

Memberikan perlindungan pada kulit terhadap paparan sinar matahari adalah hal yang penting dan tidak boleh disepelekan setiap hari, bahkan ketika kamu tidak banyak beraktivitas di luar ruangan. Namun, setelah mengoleskan obat jerawat atau melakukan tindakan di klinik kecantikan kamu perlu lebih ekstra memberikan perhatian pada kulit karena kondisinya tengah rentan terhadap paparan sinar matahari. Saat mengalami kondisi tersebut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama dan yang paling tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan tabir surya. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, pastikan kamu mengaplikasikan tabir surya dengan tepat, di antaranya memilih produk yang memiliki kadar minimal SPF 30, hingga yang menawarkan klaim oil-free dan non-comedogenic atau non-acnegenic untuk meminimalkan terjadinya breakout.

Selain itu, saat mengalami fotosensitifitas, usahakan untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan dan meminimalkan paparan sinar matahari pada kulit khususnya di tengah hari. Bila terpaksa memiliki kegiatan di luar ruangan cukup lama, pastikan mengaplikasikan ulang tabir surya setidaknya 2 jam sekali, serta gunakan pelindung seperti topi atau payung.

Jika terlanjur membiarkan kulit tanpa perlindungan ekstra dan mengalami efek negatif berlebihan yang tidak bisa diatasi sendiri, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli atau hubungi dermatolog tempat kamu melakukan pengobatan jerawat.

Baca Juga: Tinggal di Wilayah Beriklim Panas, Ini 5 Rahasia Perawatan Kulit dan Rambut ala perempuan Timur Tengah

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓