4 Makanan untuk Cegah Tumbuhnya Uban di Masa Tua

Karla Farhana08 Okt 2019, 16:00 WIB
Rambut beruban

Fimela.com, Jakarta Uban mungkin satu tanda penuaan yang tak terhindarkan. Meskipun uban tidak memudarkan kecantikan seorang perempuan, namun sebagian perempuan tetap mencari berbagai cara untuk mencegah tumbuhnya rambut putih. 

Pasalnya, uban bukan cuma soal perubahan warna rambut. Namun entah mengapa, uban juga menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak perempuan yang berusaha mencegah uban. 

Mulai dari terus mengecat rambut menjadi hitam meski baru sehelai uban yang tumbuh, menggunakan rambuan dan hair lotion khusus, hingga melakukan diet. 

Diet khusus untuk mencegah uban ini, dilansir dari Byrdie, merupakan salah satu jenis pola makan yang terfokus pada makanan-makanan yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah tumbuhnya uban. Apa saja?

 

1. Kacang-kacangan

Kacang
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/thananya

Kacang-kacangan mengandung vitamin B9, yang juga disebut dengan asam folik atau folat. Jadi, tumbuhnya uban juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin ini. Pasalnya, B9 sangat penting untuk mendorong produksi methionine, asam amino yang sangat penting untuk menjaga dan mengeluarkan warna rambut alamimu.

Kacang-kacangan yang mengandung banyak B9 biasanya ditemukan pada hampir semua jenis kacang, terutama chickpeas. 

2. Salmon

 

Ikan telah lama menjadi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk rambut. Omega 3 dan protein di dalamnya minyak ikan mampu membuat rambut menjadi lebih kuat dan bercahaya. Namun, salmon merupakan salah satu jenis ikan yang tidak hanya merawat kesehatan rambut tetapi juga mencegah tumbuhnya uban. 

Pasalnya, salmon mengandung selenium yang dapat meregulasi produksi hormon tubuh. Selain itu, salmon juga mengandung banyak vitamin D yang bisa mencegah tumbuhnya uban lebih cepat. 

3. Sup Miso

Miso Sup
Ilustrasi Foto Miso Sup (iStockphoto)

Kamu mungkin familiar dengan dengan sup asal Jepang ini. Miso, sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang kaya nutrisi untuk rambut. Selain membuat rambut menjadi sehat dan bercahaya, sup miso yang mengandung kedelai fermentasi, mampu mencegah tumbuhnya uban. 

4. Rumput Laut

Satu lagi rahasia kecantikan perempuan-perempuan Jepang dengan rambutnya yang hitam legam adalah rumput laut. Rumput laut mengandung kolagen, yang secara alami mendorong pertumbuhan rambut sehat. Selain itu, kandungan besi dan vitamin A dan C serta beta karoten-nya mampu menstimulasi pertumbuhan rambut hitam. 

Simak Video Berikut

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓