Mengulik Fungsi Makeup Primer, Sering Menggunakannya Juga?

Annissa Wulan08 Okt 2019, 17:00 WIB
Tips cantik

Fimela.com, Jakarta Mungkin makeup primer bukan lagi hal yang asing buatmu, terutama jika kamu adalah penggemar dunia kecantikan. Makeup primer berfungsi untuk mengunci kelembapan dan menjadi landasan makeup di kulit wajah.

Seperti namanya, makeup primer digunakan untuk mengoptimalkan permukaan kulit sebelum kamu mengaplikasikan foundation. Untuk kamu yang memiliki pori-pori besar, makeup primer dapat menghaluskan permukaan dan mencegah foundation menjadi cakey di area t-zone.

Makeup primer sebenarnya sangat baik digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering atau berminyak. Untuk kulit berminyak, makeup primer dapat membantu menyerap kelebihan minyak di area t-zone, seperti dilansir dari huffpost.com, Selasa (8/10/2019).

 

Fungsi makeup primer

Cantik
Ilustrasi tren kecantikan/copyright shutterstock

Sedangkan untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, makeup primer dapat membuat penghalang untuk mencegah foundation atau makeup yang diaplikasikan menjadi cakey. Kamu bisa mengibaratkan makeup primer berfungsi seperti pelembap yang tetap berada di permukaan kulit dan tidak meresap ke dalam.

Secara keseluruhan, interaksi antara makeup primer dengan foundation sebenarnya sulit untuk diprediksi, karena sangat bergantung pada produk lain yang kamu aplikasikan sebelum makeup primer. Namun, sebenarnya makeup primer tidak benar-benar dapat membuat makeup bertahan lebih lama, hanya membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan tekstur kulit tidak merata.

Jika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan makeup primer, sebenarnya pelembap dapat menggantikan fungsi makeup primer. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓