Rutinitas Perawatan Wajah di Malam Hari ala dr. Pimple Popper

Beauty Journal08 Okt 2019, 14:50 WIB
skincare

Fimela.com, Jakarta Seorang dermatolog kerap menjadi sosok yang menjawab berbagai permasalahan kulit dengan pengetahuannya yang mendalam di dunia kecantikan. Karenanya, banyak pula orang yang penasaran dengan rutinitas perawatan kulit yang dilakukan oleh sang dermatolog sendiri. Mulai dari produk yang digunakan hingga metode seperti apa yang dilakukan.

Kalau kamu suka menonton video ekstraksi jerawat di YouTube, mungkin kamu sudah familiar dengan nama dr. Sandra Lee. Lebih dikenal dengan nama dr. Pimple Popper, Sandra adalah seorang dermatolog asal Amerika yang mulai terkenal karena berbagai video ekstraksi jerawat yang diunggahnya di YouTube.

Baru-baru ini, Sandra Lee membagikan rutinitas perawatan kulit malamnya melalui sebuah video dalam channel YouTube Harper’s BAZAAR’ JIka penasaran seperti apa rutinitas perawatan wajah di malam hari ala dr. Pimple Popper, keep scrolling untuk mengetahuinya, ya!

Step 1: Makeup Removal

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Produk yang digunakan: Lancôme Bi-Facil Eye Makeup Remover dan SLMD Skincare Step Zero: Cleansing Wipes

Dalam video tersebut, Sandra Lee menjelaskan bahwa step pertama dalam rutinitas perawatan wajah di malam hari yang dilakukannya adalah makeup removal atau membersihkan wajah dari makeup. Untuk bagian mata, ia menggunakan Lancôme Bi-Facil Eye Makeup Remover karena dapat produk tersebut mampu mengangkat makeup di matanya dengan gentle tanpa membuatnya terkena iritasi. Sandra mengaku bahwa dirinya telah menggunakan produk tersebut selama setahun belakangan.Selanjutnya, ia menggunakan SLMD Skincare Step Zero: Cleansing Wipes yang merupakan produk favorit dari brand kecantikan miliknya sendiri. Wipes tersebut diklaim sangat efektif untuk menghapus makeup, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat.

Step 2: Cleansing

Produk yang digunakan: SLMD Skincare Salicylic Acid Cleanser dan CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Memiliki jenis kulit yang sangat kering dan rentan mengalami brown spot, membuat Sandra terkadang suka mengganti cleanser-nya antara SLMD Skincare Salicylic Acid Cleanser atau CeraVe Hydrating Facial Cleanser. "Salicylic acid sangat bagus untuk mengeksfoliasi kulit kering, kusam dan sel kulit mati, sehingga kulit akan lebih bersinar, pori-pori mengecil, dan mencegah terbentuknya jerawat pada wajah kamu," ujarnya.

Dalam video tersebut Sandra memilih untuk menggunakan SLMD Skincare Salicylic Acid Cleanser. Setelah mengeluarkan produk ke telapak tangan, ia pun mengaplikasikannya ke wajah dengan gerakan memutar lalu membilasnya dengan air hangat. Menurutnya, suhu air yang pas untuk membersihkan wajah adalah air hangat, karena tidak terlalu panas ataupun dingin sehingga sangat ideal dan tidak akan membuat kulit kamu kaget.

 

Step 3: Moisturizing

Skincare/mlg
Ilustrasi cleansing milk/copyright unsplash.com/@rawpixel

Produk yang digunakan: SLMD Skincare Hyaluronic Acid Serum

Setelah mengeringkan wajahnya, Sandra pun melanjutkan rutinitasnya dengan menggunakan pelembap. "Waktu yang paling tepat untuk menggunakan moisturizer adalah saat kulit masih berada dalam kondisi yang lembap," jelasnya. Untuk melembapkan wajahnya, ia menggunakan SLMD Skincare Hyaluronic Acid Serum yang mengandung hyaluronic acid dan squalane sebagai main ingredients-nya.

Sandra menjelaskan kalau hyaluronic acid bersifat hidrofilik dimana ingredients tersebut bermanfaat untuk mengunci kelembapan dan mencegah terjadinya transepidermal water loss (TEWL). Hal tersebut sangat diperlukan oleh kulitnya yang sangat kering sehingga membuatnya rentan mengalami TEWL. Selain itu Sandra juga memiliki eczema yang membuat skin barrier-nya tidak sebaik yang dimiliki oleh orang lain. Bahkan, ia sampai bisa menggunakan Vaseline petroleum jelly tanpa mengalami break out karena kulit wajahnya begitu kering.

Baca Juga: Cara Menangani Jerawat Menurut dr. Pimple Popper. Tertarik Mencobanya?

Step 4: Ointment

Produk yang digunakan: CeraVe Healing Ointment

Selanjutnya Sandra mengoleskan CeraVe Healing Ointment, yaitu produk balsem yang diperkaya dengan hyaluronic acid dan ceramide yang berfungsi untuk membantu melembapkan dan menenangkan kulit. Ia mengaplikasikan ke berbagai bagian di wajah rentan atau masih kering seperti bibir dan di sekitar mata. "Perlu diperhatikan bahwa tidak semua orang dapat menggunakan produk tersebut di daerah matanya, karena jika tidak cocok ointment ini bisa menimbulkan milia. Aku bisa menggunakanya karena kulitku sangat kering," ujar Sandra.

Step 5: Spot Treatment

Produk yang digunakan: Benzoyl Peroxide

Produk terakhir yang ia gunakan adalah benzoyl peroxide. Sandra mengaku jika sedang mengalami jerawat atau bruntusan dan hormonal acne, ia akan mengoleskan benzoyl peroxide sebagai spot treatment untuk daerah tersebut. Benzoyl peroxide sendiri sudah dikenal ampuh dapat cepat mengatasi jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: 5 Rutinitas Perawatan Wajah Sebelum Tidur untuk Melawan Breakout

#GrowFearLess with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓