Mengenal Sodium Hyaluronate, Zat yang Mampu Melembapkan Kulit Wajah

Karla Farhana08 Okt 2019, 18:30 WIB
[Fimela] Skincare

Fimela.com, Jakarta Bagi non-chemist atau bukan ahli bahan kimia, menyelami deretan bahan yang terkandung di dalam skincare kecintaanmu mungkin sangat sulit atau merepotkan. Belum lagi harus menghapal nama-nama kandungan yang cukup sulit untuk dilafalkan. Tetapi, yang paling sulit dari memeriksa seluruh isi kandungan produk adalah mengidentifikasi beberapa bahan kimiawi yang kontroversial. 

Pasalnya, beberapa brand menuliskan bahan tersebut dengan nama berbeda. Misalnya, mungkin kamu begitu familiar dengan hyaluronic acid. Tapi, seberapa banyak kamu mengetahui sodium hyaluronate?

Sebenarnya, Byrdie menulis, hyaluronic acid serum yang selama ini ada di dalam skincare kesayanganmu, sebenarnya mengandung sodium hyaluronate. Di samping dari beberapa perbedaan, pada dasarnya kedua bahan kimia ini sama dan memiliki tujuan yang sama di dalam sebuah skincare. 

Ahli dermatologis Mara Weinstein, MD, FAAD dan Sejal Shah, MD, FAAD yang juga merupakan pendiri SmarterSkin Dermatology menjelaskan manfaat Sodium Hyaluronate untuk kecantikan kulit, kepada Byrdie. 

 

Apa Itu Sodium Hyaluronate?

[Fimela] Skincare
Skincare | unsplash.com/@parkstreet

Sebelum menjabarkan sbeberapa manfaatnya untuk kecantikan kulit, kenali terlebih dahulu apa itu sodium hyaluronate. Bahan kimia ini sebenarnya bisa kamu temukan secara alami pada tubuhmu. Biasanya, digunakan pada moisturizer dan serum kulit sebagai humectant yang bekerja dengan cara menarik kelembapan dari udara dan lingkungan sekita dan menguncinya pada lapisan paling luar kulit. 

Sehingga, kulit akan terasa lebih kenyal, lembut dan lembut. Menurut Weinstein, bahan kimia ini bekerja seperti air, yang bekerja dengan mengatur kelembapan kulit. Selain melembapkan, apa saja kegunaan sodium hyaluronate untuk kulit?

Manfaat Bagi Kulit

Skincare/mlg
Ilustrasi pelembap wajah/copyright shutterstock

Menurut Shah, bahan ini juga bisa membantu menghilangkan jerawat dengan cara menyeimbangkan kembal kulitmu yang sudah terlalu kering akibat eksfoliator yang terlalu kasar, pembersih wajah, dan berbagai perawat kecantikan lainnya. 

Selain itu, bahan ini juga termasuk ke dalam deretan bahan dasar skincare yang tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga tidak akan mendorong munculnya komedo-komedo baru. 

Meskipun membuat kulit elstis dan lembap, namun kulit tidak akan memproduksi minyak yang terlalu banyak. Karena, sodium hyaluronate sangat ringan. Hal ini juga yang menyebabkan bahan ini lebih cepat dan mudah meresap ke dalam kulitmu. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓