Mengenal Jenis Serum dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Meita Fajriana16 Okt 2019, 17:00 WIB
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

ringkasan

  • Banyak dari perempuan yang menggunakan serum, tidak tahu apa itu serum dan kandungannya.
  • Kamu perlu tahu apa itu serum, jenis serum, manfaat serum, kapan harus memakai serum, dan cara menggunakannya.
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Serum merupakan salah satu langkah dalam rutinitas skincare memiliki peranan penting. Serum memiliki banyak jenis sesuai dengan fungsinya, mulai dari vitamin c untuk mencerahkan hingga anti aging. Namun masih banyak perempuan yang menggunakan serum setiap harinya, namun belum tahu apa itu serum, kandungan, dan manfaatnya.

Apakah serum yang tepat untuk kulitmu? Seperti apa seharusnya serum digunakan?Jika serum melembabkan kulit, jadi mengapa perlu pelembab juga? Apa manfaat yang ditawarkan serum untuk kulit? Pertanyaan ini mungkin kini ada dipikiranmu.

Untuk itu, agar penggunaannya lebih maksimal, kamu perlu tahu semua tentang serum sebelum memilih dan menggunakannya. Seperti dilansir dari situs Boldsky, Rabu (16/10/2019), yuk mengenal lebih dekat tentang serum!

Apa itu Serum?

Serum adalah cairan yang diinfuskan dengan bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang menembus ke dalam kulit untuk memelihara dan meremajakannya. Produk serum yang ringan dengan satu atau dua pompa cukup untuk diaplikasikan ke seluruh wajah.

Tekstur yang ringan membuatnya sangat efisien untuk meresap ke dalam kulit pada tingkat yang lebih dalam dibandingkan dengan produk perawatan kulit yang tebal seperti pelembab. Kualitas serum ini juga menjadikannya produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat, kulit kering, hingga penuaan dini.

Ada banyak jenis serum di pasaran untuk berbagai masalah kulit. Serum awalnya berbahan dasar air, tetapi saat ini juga ada yang berbasis minyak. Hal ini berarti serum tidak hanya untuk pemilik kulit kering namun juga berminyak.

Manfaat Serum

Serum tidak hanya mengandung bahan aktif yang diperlukan untuk kulit, tetapi juga meningkatkan efisiensi produk perawatan kulit lainnya setelah mengaplikasikan serum. Berikut beberapa manfaat utama serum di antaranya:

- Melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis-garis halus dan kerutan.

- Membersihkan pori-pori kulit.

- Menambah cahaya dan kulit lebih bersinar.

- Membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

- Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

- Meremajakan kulit.

 

 Cara Menggunakan Serum

Pakai Serum Wajah Itu Ternyata Penting!
Ingin kulit cerah tanpa noda hitam dengan cepat? Rajin cuci muka dan pakai krim wajah saja belum cukup!

Serum adalah langkah kelima dalam rutinitas perawatan kulit setelah pembersihan, toner, ekfoliasi, dan essence. Saat menggunakan produk perawatan kulit, yang harus diingat adalah bahwa dimulai dari formula yang paling ringan ke yang paling tebal.

Berikut cara mengaplikasikan serum dengan benar untuk hasil yang maksimal:

- Ambil sedikit serum di telapak tangan dan aplikasikan ke seluruh wajah.

- Gosokkan serum ke kulit dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari dengan lembut. 

- Kemudian tepuk-tepuk lembut kulit wajah agar serum meresap lebih cepat. Lalu, lanjutkan dengan produk perawatan kulit lainnya.

Seberapa Sering Seharusnya Menggunakan Serum

Serum
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Serum dapat digunakan dua kali sehari, satu kali dalam rutinitas perawatan kulit pagi dan yang kedua dalam rutinitas malam harimu. Namun, jika kamu tidak melakukan rutinitas skincare di malam hari, penggunaan pada pagi saja juga akan memperlihatkan hasil yang baik.

Perbedaan antara serum dan essence

Essence kurang terkonsentrasi dan lebih ringan dalam hal tekstur dibandingkan dengan serum. Sementara essence pada dasarnya berfungsi untuk melembabkan kulit, sementara serum mengatasi masalah kulit seperti garis-garis halus dan kerutan untuk memberikan kulit yang kenyal dan segar. Kamu bisa memilih salah satunya, namun dengan menggunakannya keduanya akan mendapatkan hasil yang maksimal.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓