FIMELA FEST 2019: 7 Tips Makeup untuk Si Kulit Sensitif

Annissa Wulan17 Okt 2019, 14:00 WIB
Makeup

Fimela.com, Jakarta Kulit sensitif mungkin adalah jenis kulit yang paling sulit untuk ditangani. Tidak hanya produk skincare, makeup juga harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Satu langkah makeup yang salah dapat menyebabkan reaksi kulit negatif. Dilansir dari elle.com, Kamis (17/10/2019), berikut ini adalah beberapa tips makeup untuk pemilik kulit sensitif.

1. Mempersiapkan kulit adalah langkah paling penting

Kulit sensitif harus dilembapkan dengan baik. Sebelum makeup, coba semprotkan air hangat yang menenangkan dan dapat mengatasi iritasi.

Atau kamu juga bisa mengompres kulit wajah terlebih dahulu selama 15 menit sebelum makeup. Cara ini akan meningkatkan hidrasi kulit secara alami.

2. Produk makeup organik dan mineral tidak selalu lebih baik

Kamu masih harus memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalam suatu produk sebelum menggunakannya. Jika masih ada kandungan parfum dan pengawet, produk makeup tersebut tetap tidak aman untuk pemilik kulit sensitif.

3. Makeup solid biasanya lebih aman

Formula produk makeup yang solid atau compact biasanya lebih mudah dibuat tanpa banyak menggunakan pengawet, karena tidak ada kandungan air yang kemungkinan terkontaminasi bakteri.

 

4. Perhatikan tanggal kadaluwarsa

Makeup/mlg
Ilustrasi No-Makeup/copyright shutterstock

Jangan mengabaikan kemasan pada produk makeupmu, salah satunya adalah tanggal kadaluwarsa. Walaupun terlihat sederhana, ini penting.

5. Gunakan krim BB sebagai pengganti foundation

Pigmen dapat meningkatkan kekeringan pada kulit. Krim BB mengandung lebih sedikit pigmen, sehingga untuk kulit sensitif lebih efektif daripada foundation.

6. Spons adalah aplikator makeup terbaik

Penggunaan spons adalah yang terbaik untuk hasil akhir yang lebih halus dan sangat berguna untuk menutupi kerutan. Namun, hindari komposisi lateks pada spons yang kamu gunakan karena lateks adalah alergen umum yang dapat memicu dermatitis atopik.

7. Produk makeup berpigmen tinggi cenderung menimbulkan reaksi

Eyeshadow memiliki banyak pigmen, terutama jika kamu menggunakan banyak warna. Pilihlah warna-warna netral, seperti krem atau perunggu yang jarang menimbulkan reaksi buruk pada kulit.

Ingin tahu lebih banyak tentang tips makeup yang sempurna untuk acara di pagi hingga malam hari? Jangan lewatkan Beauty Demo Fimela Fest 2019 "Day to Night Makeup Tutorial" pada hari Sabtu (16/11/2019) mendatang. Daftarkan dirimu sekarang juga di sini dan dapatkan kesempatan untuk menghadiri Fimela Fest 2019.

 

 

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓