Tips Memilih Sunscreen yang Tepat agar Tidak Memicu Jerawat

Beauty Journal16 Okt 2019, 15:45 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah sudah jadi syarat mutlak yang dilakukan oleh setiap orang. Baik perempuan ataupun pria, melindungi kulit dari paparan sinar matahari perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai masalah kulit seperti sunburn, penuaan dini, bahkan efek jangka panjang seperti kanker kulit. Di balik pentingnya penggunaan sunscreen, beberapa orang justru mengeluh kulitnya menjadi jerawatan atau breakout akibat penggunaan tabir surya ini. Nah, untuk mencari tahu benar atau tidaknya sunscreen sebagai penyebab jerawat dan tips memilih sunscreen yang tepat, yuk simak penjelasannya di bawah!

Apakah sunscreen memicu jerawat?

Jika kamu berpikir kandungan dalam tabir surya adalah penyebab timbulnya jerawat, mungkin kamu salah kali ini. Dikutip dari Style Craze, bahan aktif dalam tabir surya justru tidak membuat kulit menjadi breakout. Lantas apa penyebabnya? Nah, ternyata yang mungkin jadi pemicu jerawat adalah bahan-bahan lain atau bahan pendukung dalam tabir surya, seperti pengawet, wewangian dan emolien. Tak hanya karena kandungannya, penyimpanan tabir surya yang tidak tepat juga dapat memecah bahan kimia di dalamnya yang kemudian bisa menyebabkan jerawat dan breakout. Menyimpan produk di tempat panas misalnya, seperti di dalam mobil atau di bawah sinar matahari tepi pantai akan membuat bahan kandungan dalam sunscreen tidak lagi efektif.

 

Kandungan dalam sunscreen yang mungkin memicu jerawat

Skincare/mlg
Ilustrasi cleansing milk/copyright unsplash.com/@rawpixel

Seperti yang kamu ketahui, jerawat kerap muncul karena pori-pori yang tersumbat. Nah, ada beberapa bahan bersifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan penumpukan kotoran yang mungkin terdapat dalam sunscreen tertentu. Berikut beberapa kandungan yang berpotensi menyumbat pori-pori dan perlu kamu hindari dalam sunscreen:

  • Comedogenic oil dan butter. Beberapa bahan alami dalam sunscreen justru dapat menjadi penyebab penyumbatan pori-pori. Contohnya, cocoa butter, wheat germ oil, soybean oil, dan coconut oil.
  • Mineral oil dan Silikon. Dua bahan ini paling umum ditemukan dalam tabir surya. Mineral dan silikon membuat kulit gampang berkeringat. Keringat dan kotoran tersebut nantinya dapat terperangkap dalam pori-pori yang justru menyebabkan breakout.
  • Benzophenones. Jenis filter UV ini banyak ditemukan dalam sunscreen berbentuk krim dan lotion. Biasanya juga tertulis dengan nama oxybenzone dan avobenzone.
  • PABA dan bahan kimia lainnya. Beberapa bahan seperti para- aminobenzoic acid (PABA) dan methoxycinnamate juga bisa menimbulkan jerawat terutama bagi kulit sensitif dan rentan berjerawat. Kedua bahan ini biasa ditemukan dalam sunscreen yang tahan air.
  • Beeswax. Beberapa kulit mungkin bisa menoleransi bahan ini. Namun, beberapa lainnya yang berkulit sensitif dan rawan jerawat justru sangat rentan terkena jerawat jika terkena bahan-bahan seperti ini.

Tips memilih sunscreen

Skincare/mlg
Ilustrasi Skin Care Hada Labo/copyright shutterstock

Pilih sunscreen yang berklaim “Non-Comedogenic” dan “Oil-free”Tabir surya dengan klaim ini tidak mengandung bahan apapun yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga sangat cocok untuk menghindari kulit dari penyebab jerawat dan breakout. Tabir surya yang bebas minyak juga sangat membantu mengurangi kelebihan sebum yang kerap jadi penyebab timbulnya jerawat.

Hindari oxybenzone dan PABA

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit berjerawat, sensitif, dan rosacea rentan terhadap bahan-bahan ini. Jika kamu memiliki kulit sangat sensitif, akan lebih baik untuk tetap menggunakan sunscreen berkandungan mineral yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide yang tidak mengiritasi kulit.

Pilih Day Cream dengan SPF

Day cream yang juga mengandung SPF tentu menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Terutama bagi kamu yang sering bepergian di siang hari. Pilih produk yang menawarkan SPF 30 atau lebih tinggi juga dengan broad-spectrum protection.

Pilih Tinted Sunscreen

Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak dan sering menggunakan makeup, tinted sunscreen bisa jadi solusi. Produk ini mampu menggantikan foundation dan sunscreen sekaligus dengan konsistensi yang jauh lebih ringan, sehingga dapat melindungi kulit dari sinar UV sekaligus meminimalisir produk yang dikenakan pada wajah.

Baca juga: Rekomendasi Tinted Sunscreen untuk Lindungi Kulit dari Sinar Matahari Sekaligus Samarkan Noda di Wajah

Lanjutkan Membaca ↓