Hindari Kesalahan Terbesar Saat Menangani Jerawat

Karla Farhana18 Okt 2019, 18:00 WIB
[Fimela] Skincare

Fimela.com, Jakarta Mencari produk perawatan kulit berjerawat atau yang mampu mencegah munculnya jerawat memang sangat penting. Tetapi, jika ingin benar-benar merawat kulit wajahmu, membekali diri mengenai berbagai informasi dan pengetahuan seputar kecantikan juga sangat penting. 

Pengetahuan yang tepat dan kaya membantumu untuk mencegah berbagai masalah kulit wajah terjadi. Salah satunya jerawat dewasa. Mengatasi jerawat memang tidak pernah mudah, bahkan cenderung tricky. Karena, selain membutuhkan produk yang tepat, pengetahuan mengenai bahan-bahan yang terkandung di dalamnya juga sangat penting. 

Jerawat yang disebabkan tertutupnya pori-pori kulit oleh kotoran dan sebum berlebih biasanya diatasi dengan melakukan eksfoliasi kulit secara berkala. Namun, kamu juga harus tahu exfoliant mana yang berbahaya untuk kulitmu. 

 

Exfoliant Kasar

Skincare
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Bahan yang terdapat di dalam scrub dan bertugas untuk mengangkat sel kulit mati disebut exfoliator. Ukuran dan jenis exfoliator ini, tulis Beauty Crew, sangat beragam. Banyak produk yang menggunakan exfoliator kasar dan besar-besar. 

Mungkin pada saat dipakai, akan terasa lebih efektif saat membersihkan kulit wajah. Namun, butir-butir yang kasar dan besar ini sebenarnya justru akan menyebabkan munculnya jerawat dan menimbulkan iritasi. 

Dr Phillip Tong, Consultant Dermatologist di St Vincent's Hospital sekaligus Deputy Co-Chair of Research di The Skin Hospital mengatakan kepada Beauty Crew mengenai kesalahan terbesar mengatasi jerawat. 

"exfoliator dan pembersih yang kasar dapat menyebabkan kulit kering yang akan menyebabkan pori-pori justru tambah tersumbat oleh sel-sel kulit mati yang diangkat menggunakan bahan kasar. Sehingga akan menyebabkan inflamasi pada jerawat dan menyebabkannya tambah parah," jelasnya. 

Karena itu, untuk menangani jerawat dewasa, sebaiknya Sahabat Fimela menggunakan exfoliator yang lembut sehingga tetap aman untuk kulit berjerawat. 

Lanjutkan Membaca ↓