Atasi Jerawat dengan Racikan Masker Kayu Manis

Fimela Editor22 Okt 2019, 14:30 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, kayu manis memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya mengontrol gula darah, menurunkan kolestelor, bahkan kayu manis juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain bermanfaat bagi kesehatan, kayu manis juga memiliki khasiat yang tinggi untuk kecantikan khususnya jerawat loh, Sahabat Fimela!

Untuk kalian yang memiliki masalah jerawat, tidak perlu khawatir lagi untuk mengatasi jerawat yang sering membuat kamu tidak percaya diri, karena masker kayu manis bisa menjadi salah satu refrensi kamu dalam mengatasi jerawat. Melansir dari hellosehat.com, Senin (21/10/2019), begini cara membuat masker kayu manis untuk atasi jerawatmu.

Pembuatan masker kayu manis untuk jerawat biasanya melibatkan madu atau susu. Namun, jika kamu alergi susu, kamu bisa memilih madu untuk dicampurkan dengan bubuk kayu manis. Pilihlah madu manuka yang terkenal ampuh mengatasi jerawat. Madu manuka bersifat melembapkan kulit serta membantu melawan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

 

Cara membuat masker kayu manis untuk menghilangkan jerawat

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Pembuatannya pun cukup mudah Sahabat Fimela, berikut penjelasannya.

1. Campur 2 sendok teh kayu manis bubuk dan 2 sendok makan madu, aduk rata hingga membentuk pasta atau krim.

2. Oleskan ke kulit menggunakan tangan yang sudah bersih atau menggunakan kapas ke seluruh wajah.

3. Diamkan masker selama 30 menit lebih.4. Setelah itu, bilas dengan air mengalir sampai wajah bersih.

Pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap kayu manis dan madu sebelum mengoleskannya langsung pada kulit wajah. Untuk mengujinya, kamu bisa mengoleskan sedikit krim masker di punggung tangan dan tunggu 10-15 menit untuk melihat apakah ada reaksi yang muncul seperti bengkak kemerahan atau gatal.

Jika tidak ada, kamu boleh mengoleskan masker kayu manis tersebut di wajah. Gunakan masker campuran kayu manis untuk jerawat maksimal satu sampai dua kali dalam seminggu.

 

Hal yang harus diperhatikan untuk menghilangkan jerawat

Jerawat
Ilustrasi makser untuk jerawat/copyright shutterstock

Selain menggunakan masker kayu manis, kamu juga harus memperhatikan hal-hal lain yang mampu menghilangkan jerawat, di antaranya;

1. Pilih lah produk perawatan sesuai dengan jenis jerawatmu. Ada banyak sekali jenis jerawat yang bisa di lihat dari bentuknya. Whitehead, Blackhead, Jerawat Hormonal, Papula, Nodul, Fiminans, dan lain sebagainya. Semua jenis jerawat itu ada perawatannya masing - masing, jadi jangan sampai salah memilih produk atau treatment ya!

2. Untuk kamu yang gemar sekali makan - makanan junk food, berminyak, dan mengandung bahan - bahan yang berisiko bagi kesehatan cobalah hindari dengan mengurangi konsumsi makanan tersebut sedikit demi sedikit. Kamu bisa mengganti makanan itu, dengan buah - buahan atau sayur - sayuran yang sudah jelas khasiatnya.

3. Menjaga pola tidur! ini salah satu hal yang wajib ya, Sahabat Fimela! karena pola tidur juga akan mempengaruhi kurangnya peremajaan tubuh. Kamu wajib memperbaiki pola tidurmu untuk mendapatkan kuliah wajah yang bersih dan terhindar dari jerawat.

 

(Iffah Nurahmah)

#GrowFearless with Fimela

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019!

Lanjutkan Membaca ↓