FIMELA FEST 2019: Mendalami Makna Redefining Beauty Menurut Affi Assegaf

Nabila Mecadinisa22 Okt 2019, 19:30 WIB
Affi Assegaf

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang Conten Cretor, Affi Assegaf dikenal telah banyak menginspirasi para perempuan melalui konten kecantikan dan gaya hidup yang ia buat. Apalagi di era seperti sekarang ini, terdapat grey area yang mampu membuat seseorang jadi terjerumus karena terlalu dalam meyakini apa yang mereka lihat di media sosial.

Sebagai pengguna media sosial, kita harus cermat dan memahami betul dan sebisa mungkin untuk belajar tidak membandingi diri sendiri dengan apa yang mereka lihat di media sosial. Melihat kini kecenderungan para individu yang suka membandingi hidupnya dengan apa yang mereka lihat di media sosial semakin banyak, tentu seringkali membuat seseorang pada akhirnya merasa terpuruk, minder, kurang percaya diri, bahkan depresi, akibat terlalu sering membandingkan dirinya dengan orang lain.

Padahal bagi seorang perempuan yang suka membandingi kecantikan diri sendiri dan orang lain, mereka harus sadar dan membuka mata, bahwa setiap perempuan terlahir istimewa dan memiliki kecantikan versi dirinya masing-masing. Tim Fimela.com, berhasil berbincang dengan Affi Assegaf membahas makna dan persepsi dirinya akan Redefining Beauty. Penasaran seperti apa? 

Redefining Beauty menurut Affi Assegaf

Affi Assegaf
Wawancara seru dengan Affi Assegaf, membahas seputar belajar mencintai diri sendiri dengan meghargai cantik versi diri sendiri.

F: Apa makna redefining beauty menurut Affi Assegaf?

AA:Redefining beauty menurut aku adalah punya persepsi sendiri tentang apa itu kecantikan, dan persepsi tersebut adalah unik buat setiap orang, dan membuat dirinya merasa nyaman.”

F: Melihat banyak orang yang selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain di media sosial, adakah pesan khusus agar mereka bisa percaya diri dan percaya pada potensi diri sendiri?

AA: “Kayaknya yang orang suka lupa itu adalah di era media sosial seperti yang kita lihat, kehidupan orang di media sosial itu it's like a currated version of their life, siapapun itu, mau itu selebritis mau itu beauty influencer, any kind of influencer terutama. Yang mereka tampilkan di media sosial kan, versi yang sudah di kurasi dari kehidupan mereka jadi kalau kalian melihatnya itu sesuatu yang bagus-bagus aja itu wajar lah ya, karena memang sudah dipilihin yang positif-positif saja.

Mungkin juga dalam tujuan menginspirasi, jadi jangan merasa kita perlu untuk membandingkan diri kita dengan sosok-sosok tersebut yang kita lihat happy terus ,penampilannya kayaknya super perfect gitu, yang kayaknya hidupnya menyenangkan banget, sukses banget, karena itu satu sisi aja dari kehidupan mereka. Menurutku, itu yang paling penting untuk diingat."

F: Siapa sosok inspiratif dalam industri kecantikan?AA: “Menurut aku, hampir semua perempuan Indonesia yang berani put them self out there yang berani membuat content, entah itu di Instagram atau YouTube dan mereka memberikan masukan yang positif buat perempuan lain, itu sudah inspiratif banget menurut aku dan itu sudah banyak banget, dan sulit untuk disebutin semuanya. Mereka menjadi inspiratif karena mereka berani, karena untuk menampilkan diri di Media Sosial itu tak mudah. Mungkin ada sisi positifnya tapi juga ada sisi yang sulitnya juga. Mereka juga suka mendapat komentar negatif dari para haters, but they do it anyway. Apalagi dengan tujuan untuk memberikan influence yang positif buat aku itu udah keren banget.”

F: Menurut Affi Assegaf, sejauh mana sih kecantikan berpengaruh pada diri seseorang?

AA: “Kalau misalnya kita berbicara kecantikan, pastinya kita tidak berbicara hanya cantik fisik saja. Walaupun kedengarannya klise, tapi buat aku memang kecantikan itu harus dari dalam dan juga dari luar. And i think for woman we should find strength in beauty, terutama kalau misalnya kita merasa cantik secara holistik atau luar dan dalam. Maka otomatis kita akan selalu positif, merasa bahagia, sehat, kuat, dan empowering.”

F: Apa pesan Mba Affi agar bagaimana seseorang lebih mencintai dirinya sendiri?

AA: “Kan ada istilah tak kenal maka tak sayang gitu ya, itu sama aja sama aja berlaku juga untuk diri kita sendiri. Ya it is important for us to love ourself. Tapi itu tidak akan datang kalau kita tidak benar-benar mengenal diri kita sendiri. Jadi mulai dari kita cari tau sebenarnya kita tuh siapa si, makanya aku selalu sugest ke semua orang untuk benar-benar take time untuk fokus ke diri sendiri, mengenali diri sendiri, kita tuh sebenernya sukanya apa, apa si yang bikin kita bahagia, apa si yang bikin kita down, what kind of people do we want to be surrounded with? hal-hal seperti itu, penting banget! Jadi jangan bosan untuk have this inner dialogue with ourself untuk benar-benar mengenal dengan diri kita sendiri dan pada akhirnya, kita mampu menerima diri kita apa adanya, cinta dan berdamai dengan diri sendiri.

Fimela Fest 2019

Fimela Fest 2019
Talkshow Brave Bold Beauty Bersama Affi Assegaf

Jadi, perbedaan yang ada dalam diri sendiri tentu bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Apalagi setiap orang memiliki cantik versi dirinya masing-masing. Be brave, bold, dan fearless itu sangatlah penting. Hal ini tentu akan membuat diri kita semakin sukses dan percaya diri, serta mampu menyebarkan makna postif bagi orang sekitar.

Fimela ingin mengajak kamu untuk lebih inspiratif dan positif dengan berbagai kelas inspiratif di Fimela Fest 2019. Yuk! daftarkan dirimu, di sini.

 

Lanjutkan Membaca ↓