Kulit Kaki Kering dan Pecah - Pecah? Atasi dengan Cara ini

Fimela Editor28 Okt 2019, 14:00 WIB
Perawatan kaki pecah-pecah

Fimela.com, Jakarta Bagian tubuh yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang adalah kaki. Padahal penampilan bentuk kaki juga sangat berpengaruh terhadap penampilan kamu. Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang kering, kulitmu rentan pecah-pecah yang membuat kamu semakin tidak percaya diri. Ada banyak penyebab yang mempengaruhi kelembaban kulit, terutama suhu dan cuaca.

Bagi kamu yang sering menghabiskan waktu di dalam ruangan dingin, sifat AC yang meresap air membuat lebih mudah dehidrasi dan menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk mengatasinya dibutuhkan konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak. Selain itu, penggunaan sabun batang dan material alas kaki juga berpengaruh terhadap kondisi kulit. Intip cara berikut ini untuk menghindari kulit kaki yang pecah-pecah.

1. Rajin menggunakan scrub

Penggunaan scrub saat butiran scrub digosokkan pada kulit yang kering maka sel kulit mati akan terangkat dan kulit menjadi lembap di waktu yang bersamaan. Hindari penggunaan scrub yang tajam karena dapat menimbulkan luka akibat partikel yang terlalu tajam.

Untuk lebih aman, kamu bisa menggunakan scrub home made. Caranya cukup mudah, Sahabat Fimela bisa membuat scrub gula yang sudah umum digunakan. Siapkan gula merah setengah gelas, madu satu sendok makan, minyak zaitun (atau minyak pilihan lainnya) setengah gelas, dan jus lemon. Tekstur gula merah yang tidak terlalu kasar dibandingkan dengan gula biasa akan membantu kulit mempertahankan kelembaban kaki setelah digosok. Madu juga berfungsi untuk membantu melembutkan dan melembabkan kaki. Jus lemon juga sudah terkenal ampuh mencerahkan dan meratakan kulit. Kamu perlu melakukan scrubbing setidaknya 1-2 kali seminggu untuk menjaga kondisi kulitmu agar tidak kering atau pecah- pecah.

2. Rendam kaki dengan air hangat

Selain bisa merelaksasi tubuh, merendam kaki dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit mampu melembutkan kulit pada kaki. Kamu bisa melakukan ini sebelum menggunakan scrub atau 10 menit sebelum kamu tidur saat malam hari. Kamu bisa menambahkan baking soda yang berfungsi untuk mengangkat sel - sel kulit mati yang menyebabkan kulitmu menjadi pecah-pecah. 

 

Cara mengatasi kulit kaki kering dan pecah-pecah

Perawatan kaki pecah-pecah
Perawatan kaki pecah-pecah (Foto: Unsplash)

3. Gunakan Moisturizer secara rutin

Hindari losion, krim, dan pelembap yang mengandung alkohol, pewangi tambahan, dan pewarna buatan karena bahan-bahan ini dapat memperburuk kulit kering. Melembabkan kaki secara teratur dengan pelembap yang aman membantu mengurangi kulit kering yang ada dan mencegah kulit kering baru menumpuk. Melembabkan kaki setelah menggunakan exfoliator (scrub) akan membantu kulit mengunci kelembapan.

4. Pemilihan alas kaki

Dikutip dari honestdocs.id hindari penggunaan alas kaki yang licin atau bisa membuat kaki bergeser karena gesekan antara kaki dengan sol dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Jika kamu memang suka memakai sandal jepit, maka pilihlah sol berbahan tebal.

Tanpa perawatan, kulit kering dapat menebal dan pecah, membuat kaki rentan terhadap infeksi. Tetap menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari juga dapat membantu kamu mengatasi permasalahan kulit kering.

(Iffa Nurahmah)

#GrowFearless with FIMELA

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Lanjutkan Membaca ↓