Mengenal Beragam Manfaat dari Squalane, Bahan Skincare yang Menghidrasi Kulit

Annissa Wulan27 Okt 2019, 17:00 WIB
Produk kecantikan

Fimela.com, Jakarta Ketika bicara tentang bahan skincare yang berfungsi untuk menghidrasi kulit, mungkin kamu hanya akan terpikirkan hyaluronic acid, benar? Satu lagi bahan skincare yang harus kamu coba untuk menghidrasi kulit, yaitu squalane.

Squalane adalah versi terhidrogenasi dari squalene, bahan yang secara alami ditemukan pada tanaman dan hewan, termasuk sebum manusia. Squalene bekerja pada tingkat sel untuk menjaga kulit tetap lembap, seperti dilansir dari newbeauty.com, Minggu (27/10/2019).

Intinya, squalane adalah versi squalene yang terhidrogenasi dan lebih ringan. Sebagai bahan skincare, squalane memiliki masa simpan yang lebih alam dan lebih stabil.

Awalnya, squalane didapatkan dari minyak hati ikan hiu. Seiring berjalannya waktu, saat ini, squalane banyak didapatkan dari tanaman, seperti minyak zaitun untuk dijadikan sebagai bahan skincare.

 

Beragam manfaat squalane sebagai bahan skincare

Kecantikan
Ilustrasi kecantikan/copyright shutterstock

Sejak dulu, squalane terkenal dengan manfaatnya dalam mengobati luka dan jaringan parut. Squalane yang digunakan sebagai bahan skincare berfungsi menjaga kulit tetap lembap, segar, dan awet muda.

Jumlah sebum di kulit akan berkurang seiring bertambahnya usia, membuat kulit kering dan rentan. Inilah pentingnya menggunakan squalane, karena bahan ini dikenali oleh kulit dan dapat dengan mudah menembus penghalang, membantu meningkatkan retensi kelembapan pada semua jenis kulit.

Manfaat lainnya yang harus dikenali dari squalane adalah dapat membalikkan kerusakan akibat paparan sinar UV, meringankan hiperpigmentasi, dan mengurangi keriput. Squalane sangat baik digunakan pada jenis kulit kering dan kombinasi, karena secara alami memiliki kadar lipid yang rendah. Pernah coba?

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

 

Daftarkan dirimu di sini untuk mengikuti berbagai kelas inspiratif di FIMELA FEST 2019! 

Lanjutkan Membaca ↓