Berbagai Kandungan yang Ampuh Mengatasi Ketombe

Beauty Journal28 Okt 2019, 18:35 WIB
Ketombe

Fimela.com, Jakarta Tak hanya membuat kulit kepala terasa gatal dan tidak nyaman, ketombe juga membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi tidak percaya diri saat menggunakan pakaian hitam. Ketombe sebenarnya disebabkan oleh jamur yang berbentuk seperti ragi (malassezia) yang hidup akibat kondisi minyak berlebih yang terdapat di kulit kepala sehingga mengiritasi kulit kepala dan mengganggu siklus normal pertumbuhan sel kulit kepala yang baru. Ketika sel kulit kepala mati lebih cepat dan luruh maka kondisi ini yang akhirnya menjadi ketombe. Selain perlu rutin mencuci rambut, kamu yang mengalami masalah ini juga harus memilih produk yang tepat dan secara efektif mampu mengatasi masalah ketombe. Untuk hasil yang memuaskan dan maksimal, pastikan sampo yang kamu pakai menggunakan salah satu atau beberapa kandungan berikut ini. Apa saja? Keep scrolling!

Salicylic Acid

Dikenal sebagai kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit yang berkaitan dengan kondisi minyak berlebih hingga jerawat dengan sifat anti inflamasinya, salicylic acid juga ampuh untuk atasi ketombe di kulit kepala, lho. Sifat desmolytic yang dimiliki oleh salicylic acid membuatnya efektif membersihkan kulit kepala secara mendalam hingga ke pori-pori. Salicylic Acid juga memiliki sifat 'keratolitik', yang dapat membantu mengurangi minyak berlebih, gatal, iritasi, kulit kering, dan ketombe.

Baca Juga: Alasanmu Perlu Menggunakan Produk Sampo dengan Kandungan Salicylic Acid

Coal Tar

Ketombe
Ilustrasi ketombe/copyright shutterstock

Coal Tar menjadi salah satu kandungan aktif di dalam sampo yang sudah digunakan sejak lama dan dikenal akan keampuhannya memperlambat produksi sel-sel kulit, mengurangi kemerahan, peradangan, iritasi, kulit kepala kering, gatal dan berketombe. Bahan aktif ini terbukti memiliki sifat anti fungal, antiseptik hingga anti inflamasi untuk meredakan rasa gatal di kulit kepala akibat minyak berlebih dan juga ketombe. Selain itu, Coal Tar juga dapat menstabilkan perkembangan keratin pada kulit kepala dan mengurangi tumpukan kulit kering. Namun, setelah menggunakan sampo dengan bahan aktif ini, kulit kepala menjadi lebih sensitif terhadap cahaya dan paparan sinar matahari. Karenanya, pastikan kamu melindungi kepala saat beraktivitas di luar ruangan, ya.

Ketoconazole

Sebagai kandungan yang ampuh dan kuat dengan sifat anti jamurnya, Ketoconazole dapat membantu mengurangi dan menghilangkan adanya jamur malassezia di kulit kepala yang menyebabkan timbulnya ketombe serta rasa gatal yang mengganggu. Produk sampo dengan kandungan Ketoconazole dapat digunakan untuk keramas maksimal 1-2 kali seminggu. Dibandingkan dengan kandungan lainnya, bahan aktif yang satu ini juga terbilang tidak banyak digunakan bebas dan lebih banyak digunakan dengan resep dokter. Sehingga Ketoconazole yang ada di dalam produk sampo yang dijual di apotek jumlahnya tidak lebih dari 1%. Bila melebihi jumlah tersebut, sebelum menggunakan sampo dengan kandungan bahan aktif ini, kamu disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli agar tidak menimbulkan efek samping pada rambut dan kulit kepala.

Baca Juga: Ketombe Sukar Hilang? Yuk, Atasi dengan Menerapkan Tips Ampuh Langsung dari Ahlinya!

Selenium Sulfide

Ketombe
Ilustrasi/copyright shutterstock

Sama seperti Ketoconazole, Selenium Sulfide juga merupakan kandungan yang bisa membantu mengurangi muncul serta berkembangnya jamur malassezia yang menjadi penyebab ketombe membandel yang mengganggu. Kandungan ini dapat dikamulkan untuk memperlambat regenerasi sel kulit kepala yang terlalu cepat. Selain penggunaannya dibatasi hanya maksimal satu atau dua kali dalam seminggu, penggunaan sampo dengan kandungan Selenium Sulfide dapat membuat rambut yang diwarnai menjadi kembali menggelap serta akan membuat rambut mudah rontok bila digunakan secara berlebihan.

Zinc Pyrithione

Menjadi kandungan bahan aktif yang paling banyak digunakan di pasaran saat ini, Zinc Pyrithione digunakan dalam setidaknya 20% produk sampo anti ketombe yang ada. Memiliki sifat 'keratolitik', kandungan ini dapat bekerja secara efektif mengatasi jamur malassezia yang dapat menyebabkan ketombe. National Institute for Health and Care Excellence (NICE) bahkan merekomendasikan kandungan ini bila kandungan lain seperti ketoconazole atau selenium sulfide tidak cocok dengan kondisi kulit kepala, serta belum berhasil mengatasi ketombe yang dialami. Keampuhan kandungan ini juga turut didukung oleh studi yang dilakukan British Association of Dermatologists melalui uji secara klinis.

Baca Juga: Memiliki Rambut Berketombe? Yuk, Coba 5 Rekomendasi Sampo Berikut!

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

Lanjutkan Membaca ↓