Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah dan Bibir Secara Alami dengan Cepat dalam Semalam

Fimela Editor29 Okt 2019, 09:41 WIB
Ilustrasi sariawan

Fimela.com, Jakarta Kita semua pasti pernah mengalami sariawan. Sariawan atau stomatitis adalah istilah yang digunakan saat kondisi mulut sedang mengalami peradangan. Makan dan minum terasa sakit, sikat gigi terasa ngilu, bahkan untuk berbicara pun sulit.

Siapapun dapat mengalami sariawan, namun perempuan lebih rentan terkena sariawan diakibatkan hormon menjelang menstruasi, kehamilan, atau menopause. Selain itu, bayi dan anak anak juga bisa terkena sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan di lidah dan bibir sering kali didapatkan dari obat obatan yang beredar dipasaran. Namun kita tidak tahu kandungan yang ada didalamnya. Oleh karena itu, disini kami akan memberikan cara menyembuhkan sariawan di lidah dan bibir secara alami dengan cepat dalam semalam.

Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan

Sariawan (iStockphoto)
Sariawan (iStockphoto)

Sariawan bisa terjadi di bagian mulut manapun. Hal ini cukup merepotkan karena rasa sakit yang ditimbulkan begitu besar sehingga kadang dapat mengganggu aktifitas. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan yang cepat untuk mengatasi sariawan.

Kantong teh bekas

Mengompres sariawan dengan kantong teh bekas dapat mempercepat kesembuhan sariawan. Kantong teh yang bersifat basa dapat menetralisir mulut yang asam sehingga meredakan rasa sakit dari sariawan. Caranya dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kurang lebih 5 menit pada daerah yang bersariawan.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak fungsi salah satunya untuk menyembuhkan sariawan. Lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan dan pereda nyeri sehingga lidah buaya dapat dicoba sebagai cara menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Cara untuk menyembuhkan sariawan dengan lidah buaya adalah:

  • siapkan daun lidah buaya yang sudah dicuci sampai bersih
  • oleskan didaerah yang bersariawan
  • biarkan beberapa jam, ulangi 3-5 kali sehari

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah

Sariawan
ilustrasi sariawan. (Foto: pexels.com)

Sariawan yang paling umum terjadi adalah di bagian lidah. Tak jarang hal ini akan mengganggu saat makan dan berbicara. Berikut adalah cara menyembuhkan sariawan di lidah.

Air Garam

Garam memiliki kandungan anti radang dan anti bakteri yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan. Air garam digunakan untuk berkumur sebagai cara menyembuhkan sariawan.

Cara membuat larutan air garam sebagai berikut:

  • tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat
  • aduk hingga larut
  • lalu berkumurlah, jangan ditelan
  • setelah kumur segera buang dan bilas dengan minum air putih
  • ulangi beberapa kali dalam sehari sampai jerawat mengempis.

Madu

Madu dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan dengan cara mencampurnya dengan susu kelapa atau minyak kelapa dan air. Ramuan tersebut lalu dikumur atau dioleskan ke luka sariawan di lidah.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Ilustrasi sariawan
Ilustrasi sariawan (sumber: iStockphoto)

cara menyembuhkan sariawan dengan cepat biasanya dibedakan menurut letaknya. berikut adalah cara menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Cara menyembuhkan sariawan di pinggir bibir

Es batu

Rasa sejuk es batu bisa menjadi menyembuhkan sariawan dengan cepat. Caranya dengan mengompres pinggir bibir dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Selain itu dapat pula dengan mengulum es batu sampai mencair sepenuhnya.

Kelapa

Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang memiliki banyak manfaatnya. Salah satunya minyak kelapa juga dapat digunakan untuk sariawan. Cara menyembuhkan sariawan dengan kelapa dapat dioleskan ke pinggir bibir yang bersariawan. Lakukan hal tersebut dengan rutin 3-4 kali sehari.

Cara menyembuhkan sariawan di gusi

Yogurt

Yogurt yang mengandung probiotik, efektif untuk menyembuhkan sariawan karena dapat menyeimbangi bakteri di mulut. Disarankan untuk memilih yogurt yang tidak ada tambahan pemanis ataupun perasa (plain yogurt). Yogurt dapat dikonsumsi secara rutin atau cukup mengoleskan pada daerah gusi yang bersariawan saja.

Menjaga kesehatan mulut

Wajib hukumnya menjaga kesehatan mulut. Karena didalam mulut kita terdapat berbagai jenis bakteri. Bakteri tersebut dapat berpotensi memicu infeksi pada sariawan. Oleh karena itu kebersihan mulut harus tetap dijaga saat sariawan. Rajinlah sikat gigi dengan bulu sikat yang halus agar tidak melukai gusi dan memperparah sariawan.

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

pisang terlalu matang
ilustrasi buah pisang/Photo by Elena Koycheva on Unsplash

 

Cara menyembuhkan sariawan tidak harus dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami pun bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Selain harganya yang murah, tentunya bahan-bahan alami tidak membahayakan bagi tubuh.

Pisang

Kandungan vitamin C pada pisang dapat menyembuhkan sariawan secara alami. Menyembuhkan sariawan dengan pisang juga tidak menimbulkan rasa sakit.

Cara menyembuhkan sariawan secara alami dengan pisang:

  • haluskan pisang sampai menjadi pasta
  • tambahkan madu jika perlu
  • oleskan pada sariawan, diamkan 10 menit
  • setelas selesai bilas kumur pakai air bersih.

Susu

Kalsium yang terkandung dalam susu dapat melawan bakteri penyebab sariawan. Kandungan lemaknya juga memiliki anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan. Susu dapat dikonsumsi setiap hari sebagai cara menyembuhkan sariawan secara alami.

Cara Menyembuhkan Sariawan pada Bayi dan Anak-anak

Ilustrasi bayi menangis karena sariawan (iStock)
Ilustrasi bayi menangis karena sariawan (iStock)

Sariawan bisa terjadi pada siapapun, termasuk pada bayi dan anak anak. Sariawan pada bayi bisa disebabkan jamur yaitu Candida albican. Masalahnya adalah bayi dan anak anak umumnya tidak bisa menahan rasa sakit dari sariawan sehingga dibutuhkan penanganan yang cepat.

Es Krim

Es krim selain jadi hidangan penutup, namun juga bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan sariawan pada bayi dan anak anak. Rasa dingin pada es krim bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Tentu saja ‘obat’ ini sangat digemari oleh anak anak.

Kunyit

Memiliki sifat anti inflamasi, antiseptik, dan anti bakteri, yang dapat membantu segala macam luka agar cepat sembuh termasuk sariawan. Caranya, cukup haluskan kunyit, lalu aduk dengan air hangat. Agar terasa lebih manis dan cocok di lidah anak anak.

Ekstrak Biji Jeruk

Rasa pahit dari biji jeruk bisa dengan cepat menghilangkan rasa sakit dari sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan pada bayi dan anak anak dengan ekstrak biji jeruk cukup mudah:

  • encerkan 7-8 tetes ekstrak biji jeruk dengan 1 gelas air matang
  • oleskan campuran tersebut menggunakan kapas pada mulut bayi dan anak anak yang mengalami sariawan
  • biarkan beberapa jam dan ulangi 2-3 kali sehari.

 

 

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓