Cara Mencegah Jerawat Batu Datang Lagi Secara Alami dan Menghilangkan Bekasnya

Fimela Editor29 Okt 2019, 14:02 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah yang paling sering dialami bagi wanita maupun pria. Masalah kulit yang satu ini menjadi masalah yang cukup meresahkan mengingat dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Jerawat dikatakan sebagai suatu kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Jerawat umumnya terjadi pada remaja dan dewasa muda. Gejalanya berkisar dari komedo yang tidak berinflamasi, penuh nanah atau benjolan besar berwarna merah, dan benjolan lunak.

Memiliki wajah yang berjerawat memang sangatlah tidak nyaman, apalagi jika jerawat itu adalah jerawat batu yang menonjol dan sulit dihilangkan. Jenis jerawat batu memang salah satu jenis jerawat yang paling sering dialami seseorang.

 

Cara Mencegah Jerawat Batu

Jenis Jerawat Serta Cara Mengatasinya
(Sumber: iStockphoto)

Jerawat batu atau yang biasa disebut cystic acne merupakan jerawat yang paling membandel dan biasanya paling sulit dihilangkan. Jerawat yang satu ini menimbulkan rasa sakit atau gatal. Jerawat batu biasanya terdapat di daerah wajah, dada, punggung, lengan atas, dan bahu. Oleh karena itu penting untung mengetahui cara mencegah jerawat batu dengan cara berikut.

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat pula memicu jerawat. Hal ini dikarenakan presistensi insulin meningkat, maka tubuh akan diforsir untuk memproduksi lebih banyak insulin yang menyebabkan peradangan dan produksi minyak meningkat. Selain itu, kurang tidur dapat juga melemahkan sistem imun tubuh yang membuatmu rentan terhadap jerawat. Maka disarankan untuk tidur cukup kurang lebih 8 jam sebagai cara mencegah jerawat batu.

Pola makan

Pola makan yang sehat juga penting agar mencegah timbulnya jerawat. Hindari makanan yang memiliki kadar gula tinggi. Kenapa? Karena terlalu banyak insulin dalam tubuh dapat memicu produksi minyak yang menjadi penyebab jerawat.

Memakai sunscreen/tabir surya

Sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan peradangan, kemerahan, dan munculnya flek hitam pada wajah. Jika berlama lama keluar ruangan tanpa perlindungan suncreen, wajah akan rentan terkena jerawat dan memperbesar risiko kanker. Gunakanlah suncreen dengan SPF 30 keatas sebagai salah satu cara mencegah jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami

Miliki Jerawat Batu? Tuntaskan dengan 3 Bahan Ini
Kentang bisa bantu hilangkan jerawat batu. (Foto: potatoes.com)

Banyak produk produk yang beredar yang berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat. Namun tidak ada salahnya mencoba untuk mencegah timbulnya jerawat secara alami dengan bahan bahan yang mudah didapatkan.

Kentang

Terbukti mengandung nutrisi yang aman dan baik dalam mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, selain mengatasi jerawat, nutrisi yang terkandung di dalam kentang pun baik untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Cara mencegah jerawat secara alami dengan kentang adalah:

  1. haluskan kentang dengan blender
  2. oles pada wajah (jadikan masker)
  3. diamkan 15-20 menit, lalu bilas wajah.

Lidah buaya

Lidah buaya yang mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E dapat menjadi cara mencegah jerawat secara alami. Gunakan gel dari lidah buaya sebagai masker lalu biarkan mengering dan bilas dengan air.

Cuka apel

Pastinya sudah tidak asing dengan cuka apel. Ya benar adanya bahwa cuka apel dapat mencegah timbulnya jerawat. Cukup teteskan cuka apel pada kapas secukupnya, lalu gunakan seperti memakai toner.

Cara Mencegah Jerawat yang timbul dan Menghilangkan Bekasnya

Hilangkan Bekas Jerawat dengan 2 Bahan Alami Super Ampuh
Ilustrasi bekas jerawat. (purewow.com)

Selain jerawat, yang tidak kalah mengganggunya adalah bekasnya. Bekas jerawat yang biasanya berwarna kehitaman sangat sulit dihilangkan. Akibatnya, kepercayaan diri menurun.

Putih telur

Kandungan enzim lysozome di dalam putih telur dapat memusnahkan bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat mengangkat debu dan sel-sel kulit mati sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekasnya.

Cara membuatnya pun mudah:

  1. siapkan telur, pisahkan putih dengan kuningnya
  2. kocok putih telur hingga mengembang
  3. oleskan pada bagian berjerawat dan bekasnya
  4. biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Jeruk nipis

Jeruk nipis punya kandungan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang diklaim mampu meencegah jerawat serta menghilangkan bekasnya, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulit jadi lebih halus.

Caranya cukup mudah:

  1. siapkan 2-3 jeruk nipis
  2. belah jadi 2 bagian
  3. peras dengan saringan
  4. oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah
  5. biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Cara Mencegah Jerawat Batu Datang Lagi

Cantik Alami: Bikin Nggak Pede, Hilangkan Jerawat Batu dengan Cara Mudah
Ilustrasi wajah berjerawat. (purewow.com).

Jerawat batu yang sulit dihilangkan ini terkadang bisa muncul kembali. Bagai tamu tak diundang, kehadiran jerawat batu ini kerap kali membuat kesal. Berikut cara mencegah jerawat batu datang lagi.

Jangan memencet jerawat

Menahan diri untuk tidak memencet jerawat adalah hal yang sulit, apalagi jerawat batu. Padahal memencet jerawat khususnya jerawat batu justru akan memperparah keadaannya, dikarenakan ada gumpalan sel darah putih di dalamnya yang tidak bisa begitu saja dipencet. Maka cobalah untuk menahan diri untuk tidak menyentuh dan memencet jerawat sebagai cara mencegah jerawat batu datang lagi.

Cuci wajah

Kunci utama dari cara mencegah jerawat batu datang lagi salah satunya yaitu membersihkan dan mencuci wajah dengan tepat. Bersihkan secara menyeluruh dalam beberapa tahapan untuk memastikan semua kotoran terangkat tuntas.

Pilih produk yang tepat

Belum tentu semua orang cocok memakai satu produk tertentu. Maka dari itu cobalah untuk memilih produk yang tepat untuk kulit. Produk yang digunakan untuk tipe kulit berjerawat biasanya produk yang mengandung:

  • asam salisilat (salicylic acid)
  • asam glycolic ( alpha hydroxyl acid)
  • benzoyl peroxide

kandungan kandungan di atas ini memiliki sifat antibakteri yang mencegah penyumbatan minyak dan minyak berlebih di permukaan kulit yang dapat memicu jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Pada Pria

Sebal Sama Jerawat? Para Pria, Ayo Lakukan Hal Ini!
Jerawat tak hanya menjadi musuh utama bagi wanita, tetapi juga bagi pria.

Timbulnya jerawat pada pria menjadi sesuatu yang wajar terjadi. Hal ini diakibatkan karena pria memproduksi lebih banyak sebum/minyak lebih banyak daripada wanita. Tapi tidak perlu khawatir, berikut kami berikan cara mencegah jerawat pada pria.

Jangan merokok

Merokok dapat memicu produksi senyawa kimia dalam tubuh atau biasa disebut dengan radikal bebas. Radikal bebas ini memicu adanya peradangan yang disebut sikotin. Kadar sikotin yang tinggi dapat memicu timbulnya jerawat pada pria.

Pehatikan alat cukur yang digunakan

Selalu perhatikan kebersihan alat cukur. Disarankan untuk meamakai pisau cukur sekali pakai. Karena benda benda tersebut dapat memicu timbulnya jerawat yang disebut folikulitis barbae.

 

 

(Mila Ismiranda/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓