Cara Mengatasi Rambut Kering, Kasar dan Bercabang Secara Alami

Fimela Editor29 Okt 2019, 14:28 WIB
[Bintang] Kenali 3 Masalah Rambut yang Berkaitan dengan Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Memiliki rambut yang indah dan beriklauan tentunya idaman bagi semua orang. Tak jarang banyak orang yang rela merogoh kocek lebih dalam hanya untuk merawat rambut.

penggunaan hairdryer, catokan rambut dan pewarna rambut tentunya memiliki dampak buruk bagi rambut. Seperti kering, kasar, patah, bahkan bercabang. Yuk lakukan cara mengatasi rambut kering ini agar rambutmu tetap sehat dan terawat

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang

3 Cara Alami Atasi Rambut Kering dan Mengembang
Ilustrasi rambut kering. (via: volosyki.ru)

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Rambut kering dan mengembang menjadi masalah tersendiri pada wanita. Apalagi setelah berkendara menggunakan motor, rambut yang mengembang akan terihat semakin berantakan dan susah diatur.

Pilih shampoo dan kondisioner yang menutrisi

Hindari penggunaan shampoo berbahan sulfat dan banyak detergen. Hal ini memicu rambut menjadi kering dan juga mengembang.

Berikan nutrisi tambahan bagi rambut melalui kondisioner yang tepat agar kilaunya tetap terjaga. Salah satunya dengan menggunakan kondisioner secara tepat dan rutin setelah keramas. Selain menggunakan kondisioner bilas, kini Anda juga bisa gunakan produk terobosan kondisioner tanpa bilas persembahan dari Pantene, yaitu PANTENE Perfec+ ON. Kekuatan 20 vitamin di dalamnya dapat membantu menutrisi rambut dan menjadikannya terasa lebih lembut sepanjang hari.

Pantene Perfect On
©Presented by Pantene

Hanya dengan satu tetes PANTENE Perfec+ ON siap bikin rambut kamu jadi lebih mudah diatur. Conditioner ini sangat mudah digunakan dan dapat menjaga rambut tetap sehat dan tertata rapi. Tanpa harus dibilas produk ini dijamin membuat rambut lebih lembut dan halus sehingga tidak mudah kusut. Dengan kemasan simple dan kecil membuat conditioner ini dapat dibawa kemana saja.

Hindari mencuci rambut terlalu sering

Mencuci rambut terlalu sering menyebabkan minyak alami yang ada dalam rambut menghilang. Minyak ini digunakan sebagai pelembab rambut secara alami. Jika kamu ingin mengatasi rambut kering dan mengembang ada baiknya jangan keramas terlalu sering.

Gunakan pelindung rambut

Saat berkendara atau berjalan diluar ruangan, pastikan menggunakan pelindung rambut berupa topi maupun selendang agar tidak terpapar sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan penutup rambut ketika berenang di kolam renang maupun pantai agar rambut tidak terkena klorin dan garam.

Hindari penggunaan hairstyling

Penggunaan hairdryer, catok dan juga hair curly berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Karena suhu yang panas pada alat-alat tersebut menjadikan rambut kering, kasar dan mengembang

Rambut Rusak dan Kering
Ilustrasi Foto Rambut bercabang dan Kering (iStockphoto)

Cabang yang banyak muncul pada ujung rambut mengindikasi bahwa rambutmu sedang tidak sehat. banyaknya rambut bercabang yang muncul sedikit membuat kurang percaya diri untuk beraktivitas.

Memotong ujung rambut

Memotong ujung rambut ini ditujukan agar kerusakan pada rambut yang bercabang tidak menjadi semakin parah. Potonglah ujung rambut ini selama 6-8 minggu sekali.

Hindari menyisir dan mengikat rambut terlalu sering

Terlalu sering menyisir dan mengikat dapat menyebabkan kerusakan rambut. Hal ini terjadi karena adanya gesekan yang berlebihan antar rambut dan benda lain.

Gunakan shampoo dan conditioner dari bahan alami

Banyak produk yang dijual dipasaran sebagai cara mengatasi rambut kering dan bercabang. Untuk itu pilihlah produk perawatan rambut yang menggunakan bahan-bahan alami agar rambut tidak terlalu sering terkena bahan kimia.

Cara Mengatasi Rambut kering dan Kasar

Rambut Rusak dan Kering
Ilustrasi Foto Rambut Rusak, Rontok dan Kering (iStockphoto)

Rambut halus dan lembut tentunya menjadi idaman banyak orang. Bagi kamu yang memiliki rambut kering dan kasar jangan khawatir, disini akan ada berbagai cara mengatasi rambut kering dan kasar

Masker rambut seminggu sekali

Gunakan masker rambut alami maupun instan yang dijual bebas sebagai cara mengatasi rambut kering dan kasar. Penggunaan masker rambut seminggu sekali dapat membuat rambut lebih halus.

Lakukan overnight treatment dengan minyak rambut

Kamu bisa menggunakan minyak kemiri, minyak cem-ceman, minyak kelapa dan lain-lain sebagai overnight treatment untuk rambutmu. Usapkan minyak tersebut ke rambut, kemudian ikat jangan terlalu kencang dan diamkan semalam. Paginya cukup bilas dengan air dan shampoo sampai bersih.

Gunakan vitamin rambut setelah keramas

Penggunaan vitamin pada rambut tentunya membantu menutrisi rambut agar tetap halus dan sehat. Gunakan vitamin rambut secara rutin setelah keramas dapat mengurangi rambut kering dan kasar.

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Rambut Kering Bercabang? Wajib Ikuti 5 Tritmen Ini Deh
Nggak perlu ribet perawatan salon, cukup dengan bahan alami ini kamu bisa hilangkan rambut kering dan bercabang.

Bahan alami yang disediakan alam tentunya berguna untuk kesehatan rambut kamu. Ini dia beberapa bahan yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi rambut kering.

Masker rambut avokad

Masker buah avokad cocok untuk rambut yang kering, rusak dan bercabang. berikut cara membuatnya Bahan:- Siapkan satu buah avokad- 1 sendok makan mayonaise (optional)

Cara membuat:- Hancurkan satu buah avokad matang sampai halus- Campurkan dengan satu sendok mayonaise

Gunakan pada rambut dan jangan sampai mengenai kulit kepala. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Masker pisangKaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin E membuat pisang sangat baik untuk mengatasi rambut kering, kasar dan bercabang serta menjaga kesehatan kulit kepala.Bahan:- Pisang matang (sesuai dengan panjang rambut)- 1 cup santan kental

Cara membuat:

  •  Hancurkan pisang sampai halus
  •  Campurkan dengan santan kental sampai rata

Gunakan pada rambut yang sudah dikeramas, ketika masih setengah kering langsung balurkan pada rambut dan tutup dengan shower cap selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Masker pepaya

Pepaya mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan rambut.Bahan:- Pepaya matang - satu sendok makan yogurt

Cara membuat:

Hancurkan pepaya sampai halus kemudian campurkan satu sendok makan yogurt sampai rata.

Oleskan masker tersebut ke rambut mulai dari pangkal hingga ujung rambut dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air dingin.

Masker madu dan susu

Madu mengandung pelembab alami yang dapat melembabkan rambut. Susu kaya akan protein yang dibutuhkan utnuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.Bahan :

  • 1/2 gelas susu plain
  • 3 sendok makan madu

Cara membuat:

Campurkan semua bahan dengan rata

Saat rambut setengah kering setelah keramas usapkan masker secara merata

Pijat pelan pelan selama 5 menit

Diamkan selama 1 jam

Kemudian bilas dengan air, jika dirasa lengket bisa bilas menggunakan sedikit shampoo

Mengatasi rambut kering, mengembang, bercabang tentunya membutuhkan perawatan yang telaten. Tidak bisa sekali menggunakan berbagai perawatan di atas, langsung terlihat hasilnya. Untuk itu jika ingin rambut yang sehat, lembut dan terawat kamu harus rajin melakukan langkah-langkah diatas dan tentunya harus bersabar. Semangat!

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓