Waktu yang Dibutuhkan untuk Melihat Efek Pemakaian Skincare

Beauty Journal31 Okt 2019, 14:15 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Kini, skincare sudah dianggap sebagai investasi jangka panjang oleh banyak orang. Namun, ada saja beberapa alasan yang menghalangi para pengguna skincare untuk merawat kulitnya, seperti malas atau rasa tidak sabar. Wajar saja, penggunaan skin care cenderung memakan banyak waktu karena beberapa step yang perlu dilalui. Ditambah lagi, waktu yang dibutuhkan untuk melihat efek skin care pun tidaklah singkat. Diperlukan kesabaran ekstra untuk tahu apakah skincare menunjukkan perubahan yang signifikan atau tidak. Untuk itu, coba bekali diri terlebih dahulu mengenai waktu yang dibutuhkan untuk melihat efek skincare, yuk!

Pembersih wajah

Meskipun kamu menggunakan pembersih wajah lebih dari sekali dalam sehari, tidak serta merta membuat produk tersebut akan memberikan efek yang signifikan dalam waktu singkat. Terutama jika kamu menggunakan produk dengan klaim mencerahkan, menghilangkan jerawat ataupun memberikan hidrasi. Produk dengan klaim seperti ini umumnya memerlukan waktu sekitar 30 hari atau sebulan untuk melihat perubahannya. Pembersih wajah yang digunakan tiap harinya hanya akan membersihkan kotoran dan sisa makeup di wajah, namun untuk hasil yang maksimal kamu harus menunggu sekitar 30 hari lamanya.

Serum

Ilustrasi serum/copyright shutterstock
Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Tak bisa dipungkiri bahwa serum merupakan produk yang berperan besar dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Serum mengandung bahan-bahan aktif terkonsentrasi yang menargetkan permasalahan kulit lebih spesifik, misalnya mencerahkan, melawan keriput, atau jerawat. Karena tugasnya yang cukup signifikan, serum juga memiliki waktu yang cukup lama dalam memberikan hasil yang memuaskan, yakni sekitar 6 hingga 8 minggu penggunaan secara rutin. Namun, ini juga bergantung pada formula di dalamnya. Jika kamu menggunakan serum dengan kandungan retinol atau retinoid, kiranya diperlukan waktu 10 minggu untuk melihat hasilnya. Lain halnya dengan serum berkandungan hyaluronic acid yang biasanya memerlukan waktu yang cukup instan. Untuk vitamin C yang cara kerjanya memerlukan perubahan tingkat sel, setidaknya kamu harus menunggu sekitar 3 bulan untuk melihat hasilnya.

Krim mata

Struktur kulit area mata yang tipis tentu memerlukan perawatan yang berbeda dari area wajah lainnya. Untuk itu, pencegahan masalah kulit di daerah mata perlu penanganan khusus dengan krim mata. Permasalahan kulit seperti kerutan, bengkak, dan kulit kering di area mata bisa diatasi dengan penggunaan eye cream yang rutin selama 6 hingga 8 minggu.

Pelembap

Skincare/mlg
Ilustrasi skincare/copyright shutterstock

Pelembap tak hanya dibutuhkan oleh pemilik kulit kering saja, melainkan juga pemilik kulit berminyak. Moisturizer biasanya mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan untuk wajah misalnya yang mengandung antioksidan sebagai pelindung kulit dari kerusakan. Tak jarang moisturizer sekarang sudah dilengkapi dengan SPF yang dapat melindungi dari dampak buruk sinar matahari. Dari berbagai manfaat yang dimiliki oleh moisturizer ini, efeknya pun lebih cepat dilihat ketika digunakan secara konsisten selama satu hingga dua minggu. Produk perawatan jerawat

Perawatan jerawat dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang berupa obat topikal seperti salep dan krim, ada pula yang berbentuk obat oral atau obat yang penggunaannya dengan cara diminum. Obat topikal biasanya akan memakan waktu hingga 6 minggu untuk membangun sistem jaringan kulit agar memperbaiki kulit. Sedangkan obat oral dapat memakan waktu 2 hingga 3 minggu tergantung resep yang diberikan dokter.

Baca juga: Apakah Seseorang Perlu Menunggu untuk Mengaplikasikan Produk Skin Care Selanjutnya? Begini Kata Para Ahli!

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓