Benarkah Sulfur Dapat Membuat Kulit Kering? Ini Jawaban dari Ahlinya

Beauty Journal03 Nov 2019, 11:45 WIB
skincare

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu dari berbagai macam permasalahan kulit yang dialami banyak wanita tanpa mengenal usia. Penyebabnya pun bermacam-macam, ada yang dikarenakan faktor keturunan; hormon; atau bisa juga karena kurang cermat dalam membersihkan kulit. Bicara soal jerawat, sulfur jadi salah satu kandungan yang dipercaya efektif untuk mengatasi permasalahan ini. Namun, di balik manfaat baik tersebut, tak sedikit pula beranggapan bahwa kandungan ini rentan membuat kulit jadi kering. Hmm, benarkah demikian?

Cara kerja sulfur

Sulfur alias belerang merupakan salah satu unsur kimia yang mengandung banyak protein dan kerap ditemukan di kolam air panas maupun dalam lumpur terapi. Nah, sebelum mengetahui apakah sulfur dapat menyebabkan kulit kering, ada baiknya diketahui dulu cara kerjanya. Menurut dr. Ratna Purnamasari, bahan alami ini bekerja dengan tiga cara pada jerawat.

"Pertama, sulfur dapat mengelupaskan lapisan kulit bagian teratas. Hal ini dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat, sehingga membantu mengurangi terjadinya jerawat. Kedua, kandungan ini bekerja sebagai antibakteri yang dapat menghentikan perkembangbiakan Propionibacterium acnes, penyebab jerawat meradang. Terakhir, sulfur bekerja menyerap produksi minyak berlebih yang jadi salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori," ungkapnya saat ditemui di salah satu mal di kawasan Jakarta.

Bahan alami beraroma khas ini memiliki cara kerja yang serupa dengan kandungan benzoyl peroxide dan salicylic acid. Namun, sulfur cenderung memiliki formula yang lebih lembut bagi kulit, sehingga cocok digunakan sekalipun jenis kulitnya sensitif. Selain efektif mengatasi jerawat, sulfur juga baik untuk melawan bakteri penyebab gatal pada kulit berkat sifat antimicrobial dan anti-inflamasi yang dimilikinya.

Lantas, benarkah sulfur dapat membuat kulit kering?

Kulit Kering
Ilustrasi kulit kering/copyright shutterstock

Mengingat salah satu cara kerja sulfur adalah membuat bagian kulit teratas mengelupas, potensi terjadinya kulit kering pun bisa saja ada. Namun, hal ini dapat dihindari jika kamu menggunakan produk perawatan yang tepat, misalnya dengan menggunakan JF The Skin Specialist.

"Berbeda dari produk-produk lainnya, kandungan sulfur yang digunakan JF The Skin Specialist berukuran sangat halus dan lembut, sehingga tidak akan menyebabkan kulit kering dan iritasi," jelas dr. Ratna Purnamasari saat ditemui dalam peluncuran JF The Skin Specialist pada 3 Oktober lalu.

Dikenal sebagai pelopor sabun sulfur pertama di Indonesia, brand yang sudah berdiri sejak 1982 ini diformulasikan oleh dermatologist dengan bahan aktif natural antibacterial yang dipercaya efektif untuk menangangi jerawat tanpa menyebabkan kulit kering. Jika tertarik mencoba, seluruh produk JF The Skin Specialist sudah bisa kamu dapatkan di berbagai toko kecantikan dan supermarket yang tersebar di seluruh Indonesia.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓