Penyakit Kulit yang Kerap Muncul di Musim Hujan

Nabila Mecadinisa06 Nov 2019, 12:00 WIB
Ilustrsi Kulit

Fimela.com, Jakarta Musim penghujan datang, masalah yang datang bukan sekedar banjir saja, namun banyak masalah lainnya yang timbul saat musim hujan terutama msalah kesehatan. Selain flu dan batuk, penyakit kulit juga kerap dialami saat musim hujan. Hal ini dikarenakan kulit sering terkena genangan air, cuaca lembap, suhu udara yang berubah, dan faktor lainnya.

Terkena cipratan air hujan atau genangan air bisa menimbulkan penyakit kulit. Apalagi di saat kamu malas bergegas berganti pakaian dan bersih-bersih. Pastinya, beragam penyakit kulit sudah siap menginai kamu. Lalu,penyakit kulit apa yang sering timbul saat musim hujan?

Kutu air

Penyakit ini meningkat saat musim hujan. Kutu air bisanya memiliki ciri yang signifikan, seperti kulit gatal dan kemerahan yang timbul diantara ibu jari. Penyebabnya terjadi akibat kelembapan yang meningkat, bisa jadi karena kamu menggunakan sepatu yang lembap. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya, segera mencuci kaki setelah menggunakan sepatu, dan keringkan dengan benar agar kulit bebas lembap.

Masalah kulit yang terjadi saat musim hujan

Ilustrsi Kulit
Di musim hujan, sejumlah penyakit kulit kerap muncul. Penasaran apa saja? (Foto: Unsplash)

Ruam kulit

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, ruam kulit kerap dialami saat musim hujan. Biasanya, kondisi ini menimbulkan kulit yang kemerahan dan terasa panas hingga gatal. Untuk mengatasinya, kamu bisa segera berganti pakaian di saat basah terkena hujan. Selain itu, pastikan untuk bersihkan tubuh dengan seksama agar kulit bebas lembap dan bebas kuman.

Kudis

Kudis juga kerap terjadi di musim hujan. Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal dan panas. Penyakit ini menular, jadi di saat kamu mengalami kudis, pastikan pakaian, handuk, dan apapapun yang kamu gunakan dicuci terpisah dengan cairan antiseptik atau setidaknya direndam air panas agar tidak menyebar ke orang lain.

Jerawat

Saat musim hujan, kelembapan udara meningkat. Walau udara terasa dingin, tapi kotoran dan debu tak bisa dihindarkan. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah secara maksimal dan jaga kelembapan kulit agar tetap seimbang sehingga kulit bebas dari jerawat.

Jamur kuku

Jamur kuku akan menyebabkan infeksi yang berkepanjangan. Hal ini juga kerap terjadi di musim hujan. Rasa gatal yang tak nyaman membuat penyakit ini sangatlah mengganggu. Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh kelembapan yang meningkat dan menimbulkan jamur di area kaki. Jadi, usahakanlah untuk menjaga kebersihan dan menjaga area kaki senantisa kering.

Nah, bagaimana menyikapi berbagai kritikan di era modern dan menyiapkan anak-ibu siap menghadapinya? Ikuti kelas Mindful Parenting di Fimela Fest, daftar di sini!

Lanjutkan Membaca ↓