Rambut Lepek Setelah Pakai Topi? Atasi Dengan Cara Ini

Fimela Editor07 Nov 2019, 19:30 WIB
rambut lepek

Fimela.com, Jakarta Terpapar cahaya matahari langsung atau cuaca yang lembap adalah salah satu penyebab utama kulit kepala menjadi berminyak dan kemudian permasalahan rambut lepek datang tak terhindarkan. Selain itu, penggunaan topi atau penutup kepala dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan rambut lepek.

Helaian rambut yang tidak mendapatkan udara selama berada di dalam topi atau tutup kepala akan membuat butiran rambut dan kulit kepala menjadi lembap. Kalau keadaan ini sudah terjadi, rambut lepek menjadi sulit diatur dan terasa lengket.

Begitu juga saat rambut masih dalam keadaan basah, mengikat rambut atau langsung menutup kepala dengan topi atau penutup kepala lainnya juga bisa membuat rambut lepek.

Kondisi seperti ini membuat banyak orang tidak nyaman dan kurang percaya diri. Untuk kamu si pecinta topi, tidak perlu khawatir akan permasalahan rambut lepek karena penggunaan topi. Dilansir dari harpersbazaar (7/11/2019) berikut tips mengatasi rambut lepek akibat pemakaian tutup kepala ala Sacha, seorang hairstylist asal Swedia.

1. Hairspray travel size dan dry shampoo adalah solusi tepat saat kamu sedang bepergian.

Semprotkan dry shampoo dan hairspray pada bagian bawah helaian rambut agar terlihat lebih bervolume. Jika kamu tidak membawa produk perawatan rambut yang praktis, cukup gunakan jari tangan dengan mengusapkannya di akar rambut untuk mengembalikan volume rambut. Jika helaian rambut cukup panjang, kamu bisa mengikatnya dengan gaya ponytail untuk menyamarkan rambut lepek.

2. Lepas topi saat berkeringat

Topi baseball telah menjadi ikon tren fashion bergaya sporty, tetapi Sacha merekomendasikan untuk melepas topi saat kamu mulai berkeringat dan membuat rambut menjadi basah. Hal ini bertujuan untuk memberi ruang pada kulit kepala agar mendapatkan udara. Sehingga kulit kepala tetap dapat bernafas.

Menurutnya, jika mengenakan topi di atas rambut yang basah maka akan membuat tampilan rambut menjadi tidak beraturan karena lepek, selain itu juga dapat menyebabkan ketombe dalam jangka panjang.

 

3. Uap

Solusi mengatasi rambut lepek
Solusi mengatasi rambut lepek. (Photo: The Creative Exchange/ Unsplash)

Kunci untuk mengembalikan tekstur alami saat lepek, menurut Sacha adalah dengan uap. Uap akan membantu melembutkan helaian rambut dan mengembalikan kelembapan di folikel rambut. Kamu bisa mencobanya saat mandi. Tidak perlu menggunakan shampoo, kamu bisa merendam handuk kecil di air panas, peras dan bungkus di sekitar garis rambut.

 

4. Keringkan rambut dengan maksimal

[Fimela] Rambut
Ilustrasi Rambut | unsplash.com/@arnelhasanovic

Static hair atau rambut statis adalah salah satu keluhan utama saat menata rambut di musim dingin. Saat cuaca dingin, pastikan rambut benar-benar kering sebelum kamu keluar ruangan, Sacha menjelaskan bahwa rambut basah dalam cuaca dingin akan membuat molekulnya mengembang dan membuatnya lebih mudah patah.

Mengeringkan rambut sebelum mengenakan topi juga akan membantu mencegah rambut menjadi lepek. Setelah rambut kering, langkah selanjutnya adalah memastikan rambut dilembapkan agar tetap terlihat halus. Gunakan kondisioner tanpa bilas atau minyak rambut terlebih dahulu. Jika kamu memiliki krim finishing rambut lainnya sebaiknya digunakan untuk menjaga kulit kepala tetap terhidrasi.

Penulis: Iffah Nurahmah

#growfearless with Fimela

 

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

Lanjutkan Membaca ↓