Ritual Sebelum Tidur untuk Kulit Lebih Sehat di Pagi Hari

Beauty Journal12 Nov 2019, 18:35 WIB
Tidur

Fimela.com, Jakarta Kulit kusam dan tidak sehat bukan hanya disebabkan oleh polusi maupun sinar UV, tetapi juga bisa karena kurangnya waktu tidur. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, salah satunya dengan menjaga pola istirahat. Pasalnya, memiliki jam tidur yang cukup dan berkualitas mampu memaksimalkan proses pemulihan serta regenerasi sel kulit. Nah, bila kamu menginginkan kulit yang tampak lebih sehat di pagi hari, berikut ini beberapa ritual yang bisa dilakukan.

Melakukan rutinitas skincare dan body care

Setelah seharian beraktivitas di dalam maupun luar ruangan, tubuh kamu mungkin akan terasa lelah, sehingga butuh istirahat. Namun, perlu diingat juga bahwa tidak hanya tubuh saja yang telah ‘bekerja keras,’ tetapi kulit kamu juga, lho. Untuk memberikan apresiasi dan bentuk self love, sayangi kulit dengan melakukan rutinitas skin care dan body care pada malam hari. Pasti nggak mau kan kulit wajah jadi kusam dan berjerawat? So, pastikan kamu melakukan double cleansing terlebih dahulu agar polutan yang menempel pada wajah terangkat. Kemudian, lanjutkan dengan menggunakan toner untuk mengangkat sisa-sisa kotoran pada wajah, essence untuk memberikan tambahan nutrisi pada kulit, serum untuk menyempurnakan kerja essence sekaligus mencerahkan kulit, serta pelembap agar kulit tetap terhidrasi sepanjang malam.

Selanjutnya, lakukan rutinitas body care dengan menggunakan NIVEA Body Souffle Cherry Blossom sehabis mandi. Body cream ini memiliki kandungan utama jojoba oil dan shea butter yang mampu membuat kulit jadi lebih lembap, ternutrisi, dan harum sepanjang malam. Memiliki tekstur creamy souffle yang ringan, produk ini juga dapat melindungi dan menenangkan permukaan kulit yang telah terpapar seharian, berkat butiran jojoba oil pearls di dalamnya. Aroma Cherry Blossom-nya pun sangat lembut, sehingga dapat memberikan efek tenang sepanjang malam. Kulit pun akan terasa lembap, ternutrisi sepanjang malam, dan tampak lebih sehat di pagi hari.

Relaksasi atau meditasi

Yoga
Ilustrasi yoga/copyright shutterstock

Rasa takut, resah, atau khawatir dapat menurunkan kualitas tidur kamu. Agar tidak lagi terganggu oleh pikiran-pikiran negatif, cobalah untuk lebih rileks dengan cara melakukan meditasi sebelum tidur. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memulai rutinitas ini, seperti mandi dengan air hangat, menjauhkan gadget, melakukan gerakan yoga, memasang aromaterapi, membaca, menulis jurnal, atau mengonsumsi minuman hangat. Selain dapat menenangkan pikiran, kegiatan-kegiatan tersebut juga mampu membuat tubuh jadi lebih rileks.

Mengonsumsi minuman hangat

Agar tubuh terhidrasi sepanjang malam, mengonsumsi air putih sebelum tidur menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh banyak orang. Alih-alih minum air dingin, coba deh untuk mulai membiasakan diri mengonsumsi air hangat. Memiliki kebiasaan minum air hangat sebelum tidur dapat mencegah jerawat karena membantu membuang racun dari dalam tubuh. Tak berhenti sampai situ, sirkulasi darah pun meningkat, sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi minuman hangat lainnya yang kaya akan khasiat. Seperti teh jahe yang kaya akan antioksidan dan dapat mencegah penuaan dini, teh hijau yang dapat meredakan jerawat berkat zat anti inflamasi di dalamnya, atau teh chamomile yang kaya akan antioksidan, sifat anti inflamasi, dan antiseptik, sehingga mampu mencerahkan kulit. Nah, kalau kamu mau kulit jauh lebih sehat, rajin-rajinlah menerapkan langkah di atas, ya!

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓