Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar yang Menghitam di Wajah dengan Cepat secara Alami

Fimela Editor12 Nov 2019, 21:15 WIB
Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Fimela.com, Jakarta Bekas luka yang tertinggal di kulit seringkali membuatmu tak percaya diri. Untuk memiliki tubuh yang terbebas dari bekas luka, banyak cara yang bisa dilakukan.

Ada prosedur medis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka, namun tentu ada efek samping yang ditimbulkan. Berikut kami rekomendasikan berbagai cara menghilangkan bekas luka bakar dan luka hitam di wajah, dengan cepat secara alami.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar di Wajah

Ih! Pasti Nggak Pede Kalau Kaki Bau, Ini 4 Cara Hilangkannya
Ilustrasi minyak lavender. (via: soloraya.com)

Luka bakar seringkali menimbulkan bekas luka yang terlihat menebal dan berbeda dari warna asalnya. Berikut kami bagikan tips cara menghilangkan bekas luka bakar di wajah.

Minyak lavender

Cara menghilangkan bekas luka bakar di wajah bisa juga dengan menggunakan minyak lavender. Jangan meneteskan minyak lavender langsung pada bekas luka bakar.

Campurkan 1-2 tetes minyak lavender dengan minyak zaitun atau baby oil, untuk membantu penyembuhan luka bakar.

Madu

Sifat antiradang dan antibakteri pada madu bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka bakar di wajah. Cara yang perlu dilakukan yakni dengan membersihkan area bekas luka bakar, lalu oleskan madu di area tersebut.

Bekas luka akan tersamarkan, bahkan bekerja lebih cepat dibanding krim antibiotik tradisional.

Lidah buaya

Gel lidah buaya menjadi salah satu cara menghilangkan bekas luka bakar di wajah. Tidak hanya menghilangkan rasa sakit dan bengkak, lidah buaya dipercaya mempercepat proses penyembuhan akibat luka bakar.

 

Cara Menghilangkan Bekas Luka Hitam di Wajah

kegunaan kencur
Apa kegunaan kencur?/Copyright shutterstock.com/g/Mamsizz

Bekas luka hitam yang tersisa di wajah seringkali dihilangkan dengan menggunakan salep. Namun, ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di wajah. Yuk, simak selengkapnya.

Kencur

Kencur dikenal sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di wajah. Cara yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan segenggam beras yang telah direndam dan 4 buah kencur
  2. Tumbuk bahan tersebut sampai menjadi halus, lalu tambahkan sedikit air
  3. Oleskan ramuan tersebut pada bekas luka.

Daun Jarak

Daun jarak dipercaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di wajah. Caranya yakni dengan merebus beberapa lembar daun jarak, lalu gunakan air rebusan untuk membasuh bekas luka yang menghitam. Lakukan cara ini dengan rutin.

Daun mint

Salah satu cara menghilangkan bekas luka hitam di wajah yakni menggunakan daun mint. Caranya cukup mudah, yakni tumbuk beberapa lembar daun mint, kemudian gosokkan secara perlahan dengan gerakan memutar ke permukaan bekas luka. Diamkan beberapa saat, lalu basuh dengan air hangat.

Teh hijau

Kandungan antioksidan dalam teh hijau dipercaya bisa menjadi alternatif cara menghilangkan bekas luka hitam di wajah. Teh hijau bisa diminum secara teratur.

Selain itu, bisa juga dengan menjadikannya sebagai toner. Cukup dengan mencelupkan kapas pada seduhan teh hijau, kemudian gosokkan di bekas luka secara merata. Lakukan secara teratur sesudah mandi.

 

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Cepat

[Bintang] 3 Buah Ajaib Ini Bisa Sembuhkan Penyakit yang Bersarang di Tubuh
Mengkudu. (Via: sites.google.com)

Bekas luka yang tertinggal di wajah, umumnya akan tersamarkan setelah 12 bulan. Namun bukan berarti tidak ada cara lain yang bisa dilakukan. Berikut, kami rekomendasikan cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan cepat bagimu.

Mengkudu dan mentimun

Kombinasi mengkudu dan mentimun bisa juga dijadikan cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan cepat. Timun berfungsi mencerahkan kulit, sedangkan mengkudu akan menyamarkan bekas luka.

Caranya yakni siapkan mengkudu dan mentimun dengan perbandingan 1:1, kemudian haluskan menggunakan blender. Setelah menjadi pasta, oleskan pada bekas luka kira-kira 20 menit, lalu bersihkan.

Jeruk nipis

Salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan cepat yakni menggunakan jeruk nipis. Caranya cukup dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, kemudian oleskan pada bekas luka secara merata. Diamkan kira-kira 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan cepat. Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu.

Oleskan campuran tersebut pada bekas luka, diamkan 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah secara Alami

Minyak Kelapa Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung  (Africa Studio/Shutterstock)
Minyak Kelapa (Africa Studio/Shutterstock)

Bekas luka seringkali bisa mengganggu penampilan, sehingga banyak orang menggunakan cara instan untuk menghilangkannya. Penggunaan cara instan seringkali memberikan efek samping. Untuk itu, kami bagikan cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami.

Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung analgesik dan antiperadangan yang bisa dijadikan cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami. Caranya yakni hangatkan minyak kelapa, lalu balurkan pada bekas luka sembari dipijat perlahan. Biarkan minyak ini meresap pada kulit, sehingga tidak perlu membilasnya.

Cuka apel

Cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami bisa dengan menggunakan cuka apel, karena cuka apel mengandung asam laktat dan malat yang membantu mengikis sel kulit mati.

Caranya campurkan cuka apel dan air dalam perbandingan yang sama, celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan pada bekas luka secara merata. Diamkan sampai cuka apel mengering, lalu cuci muka dan keringkan dengan handuk.

Baking soda

Baking soda bisa diaplikasikan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami, karena memiliki sifat pengelupasan dan antiinflamasi. Persiapkan wajah yang bersih dalam keadaan kering.

Campurkan soda kue dan air untuk membentuk pasta yang halus, kemudian oleskan pada bekas luka sembari memberikan pijatan kira-kira 3 menit. Diamkan sekitar 5 menit, lalu cuci muka dan keringkan dengan handuk. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

 

Tak perlu kuatir jika wajahmu masih memiliki bekas luka yang belum hilang. Gunakan beberapa rekomendasi tersebut sebagai cara menghilangkan bekas luka. Selamat mencoba.

 

(Olivia Lidya Elsanty/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓