Cara Merawat Rambut Rontok, Rusak, Kering dan Mengembang setelah Smoothing dengan Lidah Buaya

Fimela Editor13 Nov 2019, 23:59 WIB
Rambut Rusak dan Kering

Fimela.com, Jakarta Masalah yang kerap dialami tentang rambut yaitu rambut rontok, rusak, kering dan mengembang. Penggunaan perawatan yang tidak sesuai menyebabkan kerusakan yang terjadi pada rambut semakin parah.

Apalagi setelah melakukan hairstyling pada rambut seperti menggunakan hairdryer, Catok rambut, bahkan smoothing yang setelahnya bakal meninggalkan rambut yang kering. Untuk itu beberapa tips berikut dapat digunakan sebagai cara merawat rambut.

Cara Meratawat Rambut Rontok

Idap Alopecia Universalis, Pria Ini Tunjukkan Kisahnya Melalui Potret Unik
Kerontokan rambut (Sumber: iStockphoto)

Rambut rontok tentunya membutuhkan perawatan ekstra. Lakukan beberapa cara merawat rambut rontok berikut untuk mengatasi rambut rontok.

Gunakan sampo sesuai kebutuhan rambut

Pakailah sampo yang dibutuhkan oleh rambut rontok. Penggunaan sampo khusus rambut rontok ini agar rambut lebih bernutrisi sehingga rontok berkurang

Jangan sering mengikat rambut

Megikat rambut menyebabkan rambut tertarik lebih sering. Tentunya hal ini menyebabkan rambut rontok.

Gunakan masker jeruk nipis dan aloe vera

Cara merawat rambut rontok selanjutnya yaitu menggunakan masker rambut alami dari aloe vera dan jeruk nipis. Campurkan gel aloe vera dengan perasan jeruk nipis, kemudian aduk rata. Aplikasikan pada rambut secara keseluruhan dan diamkan selama 2 jam lalu bilas.

Cara Merawat Rambut Kering

Rambut Rusak dan Kering
Ilustrasi Foto Rambut Rusak dan Kering (iStockphoto)

Rambut kering merupakan rambut yang kurang sehat dan kekurangan nutrisi. Kondisi ini tentunya dapat membuat rambut bercabang.

Rajin gunakan kondisioner

Menggunakan kondisioner merupakan perawatan yang baik bagi rambut. Kondisioner mampu melembabkan rambut sehingga rambut terasa lebih halus dan lembut.

Gunakan vitamin rambut setelah keramas

Vitamin membantu memberi nutrisi lebih pada rambut. Sehingga setelah penggunaan vitamin yang rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang halus dan tidak kering.

Masker rambut seminggu sekali

Gunakan masker rambut instan setiap seminggu. Masker rambut ini membantu menutrisi rambut dan juga dapat melembabkan rambut agar tidak kering.

Cara Merawat rambut Kering dan Mengembang

3 Cara Alami Atasi Rambut Kering dan Mengembang
Ilustrasi rambut kering. (via: volosyki.ru)

Susah diatur menjadikan rambut kering dan mengembang butuh perawatan tambahan. Lakukan secara rutin agar rambutmu tetap sehat.

Hindari keramas terlalu sering

Rambut memiliki minyak alami yang menjaga kelembaban rambut. Keramas terlalu sering dapat membuat kulit kepala kehilangan minyak ini sehingga rambut akan kering dan mengembang.

Gunakan pelindung rambut

Sinar matahari tentunya dapat membuat rambut kering dan mengembang. Cara merawat rambut ini yaitu dengan menggunakan topi atau kain untuk menutupi rambutmu agar tidak terkena sinar matahari.

Batasi penggunaan hair styling

Panas yang dihasilkan oleh alat hair styling rambut ini pastinya berdampak bagi kesehatan rambut. Penggunaan dengan suhu yang terlalu panas membuat rambut kering dan mengembang.

Cara Merawat Rambut Rusak

Menyisir rambut
Kebiasaan menyisir rambut yang bikin rambut rusak.

Untuk kamu yang sering hair styling rambut, pastinya pernah dong mengalami fase rambut rusak? Yuk lakukan beberapa cara merawat rambut rusak berikut untuk mengatasi rambutmu.

Makan makanan bernutrisi

Nutrisi dari makanan yang kamu makan, tentunya berpengaruh pada kesehatan rambut. Untuk itu, makanlah makanan bernutrisi agar kebutuhan nutrisi pada rambut terpenuhi.

Potong ujung rambut yang rusak

Rajin memotong ujung rambut yang rusak merupakan cara untuk merawat rambut rusak. Pasalnya ujung rambut rusak ini akan merambat ke atas dan menyebabkan kerusakan lebih banyak

Gunakan hot oil

Hot oil digunakna untuk melembabkan rambut. Caranya, kamu bisa gunakan minyak kemiri, minyak cem-ceman, minyak zaitun dan minyak yang lain sebagai overnight treatment untuk rambut kamu. Cukup oleskan pada kulit kepala dan rambut kemudian diamkan semalaman lalu bilas saat pagi.

Cara Merawat Rambut Smoothing

3 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Lurus dan Halus
Ilustrasi rambut smoothingan. (via: cantikalamiah.com)

Agar smoothing pada rambutmu tetap awet dan tidak menyebabkan rambut rusak, lakukan beberapa cara merawat rambut ini ya

Keramas pertama dengan bersih

Hal yang harus dilakukan pertama kali setelah smoothing adalah keramas dengan bersih. Karena, obat-obatan yang digunakan pada saat smoothing bisa tersisa dirambut dan membuat rambut rusak

jangan mengikat rambut terlalu ketat

Cara merawat rambut smoothing tentunya dengan jangan mengikat rambut terlalu ketat. Hal ini dikarenakan rambut akan terlihat bergelombang dan dikhawatirkan patah.

Gunakan sisir bergerigi jarang

Pada dasarnya rambut yang sudah dismoothing ini menjadi lurus dan mudah diatur. Gunakan sisir bergerigi sebagai cara merawat rambut smoothing agar tidak banyak rambut yang tertarik dan rontok.

Cara Merawat Rambut dengan Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya
Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Lidah buaya memiliki manfaat yang tinggi untuk menjaga dan merawat kesehatan rambut. Selain dapat digunakan sebagai masker, lidah buaya juga bisa digunakna sebagai kondisioner dan vitamin rambut loh.

Masker lidah buaya

Campurkan setengah cup lidah buaya dengan 5 sdm air perasan lemon. Aduk rata kemudian aplikasikan ke seluruh rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama satu jam.

Kondisioner lidah buaya

Cara merawat rambut menggunakan kondisioner lidah buaya ini cukup dengan memijat kepala dengan gel lidah buaya setelah keramas selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Vitamin rambut lidah buaya

Campurkan gel lidah buaya dengan air dengan perbandingan yang sama. Kemudian teteskan beberapa tetes essential oil untuk menambah aromanya, lalu masukan kedalam botol semprot. Semprotkan vitamin lidah buaya ke rambut dan tidak usah dibilas.

Nah, banyak sekali cara unutk merawat berbagi macam kerusakan yang terjadi pada rambut. Perawatan ini tentunya harus dilakukan dengan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

(Jossi Andriani/dikutip dari berbagai sumber)

Lanjutkan Membaca ↓