Jangan dibuang! Ini Manfaat Kulit Bawang untuk Kesehatan dan Perawatan Kecantikan

Anisha Saktian Putri18 Nov 2019, 19:30 WIB
Bawang

Fimela.com, Jakarta Ketika mengupas kulit bawang, tentu kulitnya tersebut akan kita buang. Namun, mulai sekarang dari sekarang ada baik untuk menggunakan kulit tersebut sebagai perawatan dan kesehatan tubuh.

Kulit bawang merah mengandung Quercetin, yang merupakan antioksidan dapat membantu melawan alergi. Oleh karenanya, dilansir dari womendailymagazine.com kulit bawang dapat membantu mempertahankan sistem kardiovaskular yang kuat dan mengurangi risiko terkena penyakit otak. 

Kulit bawang juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, memperkuat otot, melawan peradangan, membunuh sel kanker. 

Selain itu, jika sahabat Fimela menggosokan beberapa kulit bawang pada bekas gigitan serangga dapat menenangkan peradangan. Serta masukan 1 sendok makan kulit bawang ke dalam secangkir air panas dan biarkan meresap.  Minumlah air sebelum makan malam setiap malam dapat mengobati kram otot. 

Untuk kecantikan 

Tips Cantik
Ilustrasi wajah cantik/copyright shutterstock by Ajintai

Gunakan campuran kulit bawang dan minyak zaitun untuk mengobati papula, pustula, nanah dan gangguan kulit.  Oleskan campuran pada daerah yang terkena dan biarkan selama 5 menit. Cuci bersih dengan air dingin. 

Buat kondisioner rambut alami sendiri dengan mencampur kulit bawang dan secangkir air hangat. sahabat Fimela juga bisa menggunakan kaldu bawang ini untuk mencuci wajah.

Sedangkan untuk perawat kulit cara membuatnya adalah campurkan 1 sdm gram tepung, kulit bawang dan yogurt 1 sdm.  Lalu campur hingga menjadi  pasta.  Oleskan campuran tersebut pada kulit dan biarkan selama 10 menit.  Cuci muka dengan air hangat sesudahnya dan keringkan.

Campur kulit bawang dan madu untuk membuat pasta.  Oleskan campuran ini pada akar rambut dan pijat dengan lembut ke kulit kepala.  Biarkan selama 60 menit. Cuci bersih dan lihat hasil yang luar biasa.

#Growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓