Buat Sendiri Bilasan Bunga Lavender Agar Rambut Cepat Tumbuh Panjang

Karla Farhana20 Nov 2019, 11:30 WIB
[Fimela] Lavender

Fimela.com, Jakarta Kondisioner biasanya berbentuk krim yang terdiri dari beragam kandungan kimiawi dan alami. Seperti minyak argan, avokad, atau juga diperkaya dengan keratin atau ginseng yang membantu meningkatkan nutrisi untuk rambutmu. Kondisioner sejak zaman dahulu sudah digunakan oleh perempuan-perempuan di Asia, menggunakan bahan-bahan alami. 

Pada saat itu, Wellness Mama menulis, istilahnya hair rinse atau bilasan rambut. Ada begitu banyak bahan alami yang bisa dijadikan bilasan, salah satunya bunga lavender. 

Identik dengan warna ungu dan aromanya yang menenangkan, lavender ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Berasal dari Eropa bagian timur dan sebagian benua Afrika, lavender ternyata juga banyak ditemukan di beberapa negara di Asia dan negara bagian di India. 

 

Lavender hair rinse sejak dahulu sudah digunakan. Wellness Mama menulis, sebuah studi di tahun 2016 menunjukkan, bunga ungu ini mampu mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Juga meningkatkan jumlah folikel rambut dalam jangka waktu 4 minggu dengan penggunaan rutin setiap hari. 

DIY Lavender Rinse

[Fimela] Lavender
Lavender | unsplash.com/@olianayda

Dilansir dari Viva Woman, membuat bilasan dari bunga lavender sangat mudah. Sahabat Fimela hanya membutuhkan air mendidih dan bunga lavender kering yang bisa dibeli di toko-toko bahan alami atau juga secara online. 

Tidak ada acuan resmi untuk menakar perbandingan antara air dan bunga lavender kering. Kamu bisa mengira-kira saja, ya! Kemudian seduh dengan air mendidih, dan diamkan beberapa menit hingga air mencapai suhu ruangan. 

Sahabat Fimela dapat menggunakannya usai keramas. Setelah pakai bilasan lavender ini, tidak perlu lagi membilas rambut dengan air dingin. Biarkan sari-sari lavender menyerap ke dalam kutikula dan akar rambut sehingga manfaatnya dapat terlihat dalam waktu beberapa minggu. Pastikan kamu menggunakan bilasan ini dengan rutin, ya!

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓