Argan Oil Baik untuk Kulit? Ini Alsannya

Nabila Mecadinisa26 Nov 2019, 13:00 WIB
Face Oil

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia kecantikan, argan oil bukanlah nama baru yang kita dengar. Sudah banyak sejumlah produk kecantikan yang memaksimalkan khasiat argan oil untuk menjadikan kulit lebih cantik dan optimal. Seperti yang dilansir dari Marieclaire.com, ternyata ada sejumlah fakta yang perlu kita ketahui mengenai Argan Oil. Penasaran apa saja?

Yang harus dipahami adalah, setiap face oil memiliki formula yang berbeda, berat yang berbeda, dan juga penyerapan yang berbeda. Ada sejumlah face oil yang memang baik untuk beberapa tipe kulit, dan ada juga yang tidak. Contohnya adalah castor oil dan grape seed oil yang dapat menyeimbangkan kadar minyak alami pada kondisi kulit acne-prone. Sementara coconut oil dan avocado oil, akan bekerja lebih baik pada kulit yang kering. 

Sementara argan oil ada diantaranya. Argan oil memiliki tekstur yang tidak terlalu berat, tidak terlalu ringan. Oleh sebba itu, argan oil sangat baik untuk semu jenis kulit. Bahkan argan oil juga dilengkapi dengan sam lemak omega 3, vitamin E, dan linoleic acid. Semuanya akan bekerja optimal untuk melembapkan kulit, mengatasi dry patches dan juga mengurangi jerawat. Intinya, argan oil adalah kandungan alami yang dapat memproteksi dan menutrisi kulit layaknya superfood. 

Argan oil dapat mengtasi breakout

Face Oil
Ilustrasi/copyright shutterstock

Ini adalah fakta lainnya dari argan oil. Biasanya, orang yang mengalami breakout tidak hanya dikarenakan minyak alami pada kulitnya. Namun seringkali karena skin barrier yang kering, menimbulkan terjadinya kerusakan pada kulit hingga inflamasi dari ritual perawatan kulit yang menggunakan produk untuk jerawat. Hal ini mampu merusak skin barrier sehingga secara alami kulit akan memproduksi minyak semakin banyak. Dengan Argan oil, maka mampu mematahkn siklus tersebut.

Tak hanya berkat kandungan vitamin E saja, tapi argan oil juga berperan besar dalam mengatai inflamasi. Argan oil juga akan mengimbangi kadar sebum dan menjadikan kulit akan minim iritasi. Sedangkan antioksidan di dalamnya juga mampu meringankan penderita eczema dan menyamarkan bekas luka.

Argan oil tidak akan menyumbat pori-pori

Face Oil
Cara face oil bekerja/copyright shutterstock

Walau banyak hal bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, tapi tidak dengan argan oil. Faktanya, argan oil memiliki kecenderungan 0% untuk menyebabkan sumbatan pada pori-pori sehingga kamu tak perlu khawatir akan menyebabkan kulit jadi berkomedo dan berjerawat.

Argan oil sangat mudah digunakan

Secara teknis, minyak bukanlah moisturizer. Minyak bersifat oklusif yang akan menjaga kelembapan pada kulit agar tidak memuai. Jadi sebenarnya, cara terbaik untuk mengaplikasikan minyak di saat kulit dalam keadaan lembap sehingga mampu menjaga kadar kelembapan air pada kulit, lalu berilah sedikit pijatan agar kulit lembap optimal.

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓