Sukses

Beauty

Selain Konsumsi Vitamin Khusus, Ini 3 Tips Ampuh Panjangkan Rambut

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian perempuan, memanjangkan rambut merupakan hal yang tidak mudah. Pasalnya, kecepatan tumbuhnya rambut bagi setiap orang berbeda-beda. Ada yang cukup cepat, ada juga yang sangat lambat meski sudah menggunakan serum rambut. 

Dilansir dari Women's Health Magazine, rata-rata rambut tumbuh sekitar setengah inci setiap bulan. Menurut Chief Scientist évolis Professional, Dr. Dominic Burg, sebagian orang memang memiliki rambut yang tumbuh lebih cepat dari kecepatan pertumbuhan rambut rata-rata. 

"Pertumbuhan rambut itu kompleks, dengan banyaknya faktor yang memengaruhinya, termasuk hormon, stres, genetik, dan penuaan. Artinya, rambutmu tumbuh dengan kecepatan berbeda-beda," katanya kepada Women's Health Magazine. 

Bahkan, pertumbuhan rambut juga berbeda ketika hormon dalam tubuhmu berubah. Misalnya, ketika kamu sedang mengandung, rambut tumbuh lebih cepat karena adanya hormon estrogen dan progesteron. Khususnya, jelas Burg, setelah trimester pertama. Namun, setelah melahirkan, jumlah hormon dalam tubuhmu akan menurun, menyebabkan rambut banyak yang rontok dan menghambat percepatan pertumbuhan rambut.

Meskipun begitu, Sahabat Fimela masih bisa berupaya untuk mempercepat pertumbuhan rambutmu secara alami, selain menggunakan serum rambut

Konsumsi makanan yang mempercepat pertumbuhan rambut

Burg mengatakan, pola makan yang sehat akan mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Kalau pola makanmu tidak seimbang, kamu akan mengalami defisiensi nutrisi. Ini yang menyebabkan menurunnya pertumbuhan rambut. 

Untuk itu, Burg menyarankanmu mengonsumsi semua nutrisi yang ada pada makanan hijau. Seperti mengonsumsi beragam sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta daging dengan kandungan lemak yang rendah. 

Gunakan masker rambut secara rutin

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, kamu juga bisa mempercepat pertumbuhan rambut dengan menggunakan masker rambut secara rutin. Burg menyarankan untuk menggunakan masker rambut yang mengandung hydrolyzed keratin dan wheat protein serta minyak alami yang mampu menghidrasi rambut. Seperti minyak baobab dan flaxseed. Menurutnya, rambut yang terhidrasi dengan baik lebih elastis, kuat, dan tidak mudah patah. 

Sisir rambut dalam keadaan kering

Mungkin Sahabat Fimela sering kali menyisir rambut dalam keadaan basah. Karena, rambut yang masih basah kadang lebih mudah untuk diatur. Namun, rambut basah justru lebih lemah dan mudah patah. Apa lagi kalau kamu tidak menggunakan sisir yang baik dan malah memaksa rambut kusut saat kamu menyisirnya. Untuk itu, kamu sebaiknya menyisir rambut dalam keadaan kering. 

#Growfearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading