Hati-Hati, Ini 4 Mitos Perawatan Kecantikan yang Belum Terbukti Kebenarannya

Meita Fajriana11 Des 2019, 08:30 WIB
Tips kecantikan

Fimela.com, Jakarta Mitos adalah hal yang belum pasti dan terbukti kebenarannya. Bahkan sebagian besar menjerumuskan dan memberikan dampak buruk. Begitu juga mitos dalam perawatan kecantikan. Masih banyak perempuan yang ingin tampil memesona, namun mempercayai beberapa mitos yang tidah benar.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, selain merawatnya dengan rutin juga harus lebih teliti dalam menambah wawasan dan informasi, sehingga bisa memberikan treatment yang tepat. Kulit merupakan anugerah dan perlu dijaga kecantikannya. Jangan mudah terperdaya mitos yang beredar di media sosial.

Untuk itu perlu perhatian khusus dan cara yang bijak dalam melihat mitos dalam perawatan kecantikan. Fimela merangkum dari situs Boldsky, Rabu (11/12/2019), beberapa mitos yang harus kamu hindari karena belum terbukti kebenarannya dan bisa saja menyesatkan sehingga berakibat buruk pada kecantikan kulitmu sahabat Fimela. Berikut penjelasannya!

1. Mencuci wajah lebih sering untuk pemilik kulit berminyak

Jika kamu memiliki kulit berminyak banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol minyak berlebih tersebut. Jangan hanya karena diiming-imingi wajah terlihat lebih segar, lantas kamu mencuci wajah dengan sering sepanjang hari. Hal ini hanya akan menghilangkan kelembapan wajah yang dibutuhkan. Alhasil bukannya minyak berkurang, namun kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkannya.

2. Tidak menggunakan pelembap pada kulit yang berjerawat

Kulit yang terhidrasi adalah kulit yang sehat. Kulit kering akan menimbulkan peradangan dan iritasi pada kulit. Jadi, tidak ada alasan untuk kamu melewatkan pelembap meski memiliki kulit berjerawat. 

Hingga saat ini belum ada penelitian dalam dunia kecantikan yang membuktikan bahwa pelembap dapat memperparah kondisi kulitmu yang berjerawat. Namun, kamu perlu mencari pelembab non-komedogenik yang tidak akan menutupi pori-pori dan tidak akan memperburuk jerawatmu.

 

3. Memencet atau mengosongkan jerawat dapat meredakannya

Tips kecantikan
ilustrasi Tips kecantikan/Photo by Ana Francisconi from Pexels

Ini adalah cara kuno bahwa mengelupaskan atau memencet jerawat akan membantu menghilangkannya. Yang benar adalah dengan melakukan hal tersebut dapat menyebabkan peradangan, iritasi, infeksi jaringan parut. Tindakan terbaik adalah menjaganya agar tetap bersih, terhidrasi, dan jauhkan tanganmu.

 

4. Tidak perlu menggunakan tabir surya jika bekerja di dalam ruangan

Tips kecantikan
Ilustrasi Tips kecantikann/copyright shutterstock

Di mana pun kamu berada, baik itu di kantor atau mobil, ada jendela yang membuat sinar matahari bisa saja masuk. Sementara itu kaca tidak menjamin perlindungan dari sinar UVA matahari. Hal ini membuktikan bahwa bukan berarti jika kamu bekerja di dalam ruangan, tidak perlu mengaplikasikan tabir surya, hal ini adalah sebuah kekeliruan.

Sinar UVA matahari dapat menimbulkan penuaan pada kulit lebih cepat. Jadi, kamu tetap perlu menerapkan tabir surya, terutama yang memiliki perlindungan UVA tidak peduli cuaca atau tempatnya.

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓