Waspada, Kondisi Jerawat Seperti Ini Penting Penanganan Dokter

Mimi Rohmitriasih16 Des 2019, 11:51 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Masalah jerawat merupakan masalah yang umum dialami oleh hampir semua orang. Meski begitu, ada beberapa jenis jerawat yang harus mendapat penanganan dokter.

Secara umum, jerawat yang muncul adalah jenis whitehead atau blackhead. Ini juga sering disebut sebagai komedo. Jerawat jenis ini tidak perlu penanganan dokter. Dirimu cukup memakai produk perawatan kulit yang tepat sehingga masalah jerawat ini bisa dengan mudah hilang atau terobati.

Melansir dari laman Liputan6.com, perawatan dengan water based, fel based dan no-comedogenic serta menjalani pola hidup sehat sudah bisa mengatasi masalah jerawat ini. Jika jerawat yang muncul jenis pustula (dasar merah dengan ujung putih) dan papula (merah dan meradang), ini cukup diatasi dengan menggunakan produk obat jerawat yang dijual bebas di pasaran.

Jerawat Berbahaya Perlu Penanganan Khusus

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Ada jerawat yang dikatakan cukup berbahaya dan perlu penanganan khusus. Memakai produk kosmetik anti jerawat dan mengobatinya dengan obat jerawat yang dijual bebas tidak menjamin jerawat ini sembuh. Jerawat ini penting untuk diperiksakan ke dokter atau ahlinya.

Jerawat yang berbahaya ini adalah jerawat jenis nodul (ukuran lebih besar dari pustula dan tidak hilang meski sudah diobati) dan kistik (jerawat berukuran besar dan bengkak serta menyebabkan nyeri yang amat menyakitkan). Kedua jenis jerawat ini sebaiknya diperiksakan ke dokter dan mintalah solusi untuk menyembuhkannya.

Jerawat yang kondisinya berat tak hanya memerlukan perawatan dari luar tetapi juga memerlukan perawatan dari dalam. Untuk menanangi jerawat jenis ini, biasanya dokter akan memberikan obat antiradang ke penderita jerawat. Ini juga memerlukan pola hidup yang lebih sehat.

#GrowFearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓