3 Kesalahan Penggunaan Essence yang Mungkin Kamu Lakukan

Karla Farhana20 Des 2019, 08:30 WIB
[Fimela] Ilustrasi Skincare

ringkasan

  • Sering dibaikan, ternyata kebiasaan ini adalah cara salah memakai essence
  • Jangan menggunkan kapas agar essence bisa menyerap dan bekerja optimal pada kulit
Lanjutkan Membaca

Fimela.com, Jakarta Ketika membicarakan skincarekerap kali muncul perbedaan pendapat mengenai cara penggunaan masing-masing produk. Misalnya, sunscreen dan vitamin C biasanya digunakan di pagi hari, sementara retinol dan exfoliant acid biasanya digunakan pada malam hari. Tetapi, essence menjadi salah satu produk skincare yang memiliki banyak sekali cara pengaplikasiannya. 

Sebagian orang menggunakannya di pagi hari, sebagian di malam hari, dan yang lainnya menggunakan essence baik di pagi maupun malam hari. Sebagian orang mengaolikasikannya menggunakan kapas, sedang sisanya mengaplikasikan langung ke wajah dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. 

Sebelum membahas cara mengaplikasikan essence yang salah atau benar, lebih baik membahas dahulu apa itu essence. Pendiri skincare Tatcha, Vicky Tsai, mengatakan kepada Hello Giggles essence bertujuan untuk memberikan hidrasi yang begitu banyak pada kulit dan menciptakan aquaporin sehingga perawatan kulit yang kamu gunakan setelahnya dapat meresap ke dalam pori-pori dengan baik dan lebih dalam. Nah, untuk dapat mengaplikasikan essence dengan baik agar penyerapan krim dan serum bekerja dengan maksimal, hindari beberapa kesalahan berikut ini. 

Menggunakan Tisu atau Kapas

3 Manfaat Pentingnya Essence untuk Kulit Tampak Sebening Kristal
©Instagram/getthelookid

Menurut Tsai, mengaplikasikan essence menggunakan kapas justru akan menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, tekstur essence yang cair justru akan diserap kapas dengan cepat. 

Mengusap Kapas

Mengusapkan essence menggunakan kapas akan menimbulkan iritasi. Karena, essence bertekstur cair sehingga tidak cukup licin pada permukaan kulitmu. Daripada mengusapkannya, lebih baik tekan perlahan pada kulit wajah. 

Pakai Setelah Serum dan Toner

Dilansir dari Hello Giggle, essence berfungsi untuk membantu penyerapan skincare selanjutnya ke dalam kulit. Karena itu, jangan apalikasiakn essence setelah toner atau serum, apalagi krim dan tabir surya. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓