Tips Mempertahankan Kolagen untuk Kulit yang Tetap Kenyal dan Kencang

Karla Farhana26 Des 2019, 18:30 WIB
[Fimela] Ilustrasi Skincare

Fimela.com, Jakarta Berbicara mengenai penuaan yang terlihat pada kulit, Sahabat Fimela mungkin akan langsung berpikir pada tanda-tanda penuaan. Seperti kerutan, noda hitam, dan kulit yang tdak lagi kencang. Dilansir dari Shape.com, hal ini terjadi karena kurangnya kolagen pada kulit. 

Kolagen adalah zat yang membuat kulitmu kencang, plump, dan terlihat awet muda. Biasanya, kolagen terdapat di dalam skincare anti aging. Kolagen juga bisa kamu konsumsi lewat vitamin dan juga bone broth yang bisa kamu bikin sendiri di rumah. 

Namun, sebenarnya jumlah kolagen bisa kamu pertahankan dengan berbagai cara. Berikut ini beberapa tips untuk mempertahankan kolagen yang ada di tubuhmu, sehingga kulitmu akan tampak lebih muda, kencang, dan kerutan berkurang. 

Gunakan Sunscreen

[Fimela] Sunscreen
Ilustrasi sunscreen | pexels.com/@moose-photos-170195

Ternyata, paparan sinar UVA lebih dari 2 jam dapat mengurangi produksi kolagen dalam tubuh. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setelah menggunakan krim pelembap. Usahakan untuk mengaplikasikan sunscreen 10-15 menit sebelum kamu keluar dari ruangan di pagi dan siang hari, ya! Selain itu, pakai juga pelindung seperti topi atau payung untuk melindungi kulitmu dari sinar UVA. 

Olahraga

Ternyata, tulis Shape.com, olahraga juga bisa meningkatkan produksi kolagen. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dan sangat baik untuk merangsang tubuh untuk terus memproduksi kolagen. Seperti HIIT, yoga, dan pilates. 

Gunakan Produk Berkolagen

Selain itu, menggunakan produk skincare yang mengandung kolagen juga membantu kulit untuk mempertahankan jumlah kolagen di dalam tubuh. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓