Sukses

Beauty

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui untuk Mengatasi dan Mencegah Penyakit Kulit Rosacea

Fimela.com, Jakarta Rosacea, adalah sebuah penyakit kulit yang menyerang kulit wajah. Rosacea bisa saja terlihat seperti kemerahan yang muncul pada wajah akibat paparan sinar matahari berlebih. Namun, lebih dari itu Rosacea sendiri berbentuk bintik-bintik yang berisi nanah dan memberikan tampilan warna merah yang menyala. Jika kamu memiliki masalah kulit ini, kamu bisa mengurangi gejala dan meredakan iritasi dengan beberapa cara praktis.

Dilansir dari Hello Magazine (26/12/2019) berikut adalah beberapa hal yang mungkin tidak kamu ketahui tentang Rosacea dan dapat dicoba untuk meredakannnya.

1. Cari penyebabnya

Rosacea adalah kondisi kulit yang menurut British Skin Foundation dialami 1 dari 10 orang di Inggris. Ada beberapa jenis Rosacea. Rose Gallagher pemilik akun instagram @mixedgemsbeauty yang juga seorang pembawa acara sebuah prodcast berjudul Beauty From The Heart ini mengaku bahwa dirinya memiliki Rosacea. Ia berecrita bahwa dirinya memiliki dua jenis Rosacea yaitu, satu yang menampilkan tingkat kemerahan dengan tekstur yang beragam hampir setiap saat, dan yang lain kadang-kadang terlihat seperti ruam yang menonjol.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kemerahan di kulit, jadi pastikan untuk mengunjungi dokter spesialis jika kamu mengira yang terjadi pada kulitmu adalah Rosacea. Menyesuaikan rutinitas kamu dalam beraktivitas juga penting diperhatikan untuk mengurangi kemerahan. Dan jika kamu memiliki rosacea, dokter spesialis akan dapat memberi tahu kamu tentang produk terbaik yang dapat kamu gunakan untuk menanganinya.

2. Beberapa rekomendasi produk perawatan

Jika kamu mengetahui bahwa kamu memiliki Rosacea, apa yang dapat kamu lakukan untuk mengobatinya? Secara pribadi, Rose Gallagher menemukan bahwa produk La Roche Posay yang sederhana ini bekerja dengan baik untuknya, ditambah dengan menggunakan banyak produk dari CeraVe seperti moisturizing cream, hydrating cleanser, dan lain sebagainya. Ia mengatakan bahwa produk-produk ini tidak rewel, tersedia di mana saja, dan terjangkau. Selain itu, dokter atau dokter kulitmu mungkin memberikan resep lain seperti krim perawatan jika mereka merasa kulit kamu membutuhkan perawatan lebih.

Langkah penting lain untuk semua orang, terutama mereka yang menderita Rosacea, adalah menggunakan tabir surya berkandungan spf tinggi setiap hari. Sekalipun cuaca mendung, kulit akan mudah terkena semua jenis radiasi sinar matahari setiap saat. Cuaca bersuhu panas dan paparan sinar matahari akan memperburuk Rosacea, jadi jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya dengan kandungan spf pada kulit setiap pagi sebelum beraktivitas.

3. Perubahan kebiasaan

Perubahan kebiasaan yang paling sederhana dapat meredakan Rosacea pada kulit. Mengurangi suhu panas saat mandi akan berdampak langsung pada permukaan kulit.

Penggunaan pembersih wajah bertekstur krim untuk menghilangkan sisa makeup dan kotoran bissa jadi pilihan. Namun pastikan tidak menggunakan produk pembersih berkandungan alkohol. Kamu bisa mencoba menggunakan Cerave Hydrating Cleanser, Kate Somerville Goat Milk Cleanser atau La Roche Posay Toleriane Dermo-Cleanser untuk hasil terbaik.

 

Serba Serbi Rosacea

4. Mengidentifikasi pemicu

Jika ingin memantau gejala rosacea di samping melakukan kebiasaan sehari-hari, kamu bisa memperhatikan apa yang terjadi pada kulit setiap kali makan makanan pedas dan minuman beralkohol. Biasanya kedua hal ini dapat membuat Rosacea semakin parah.

5. Tidak dapat dhilangkan namun dapat diredakan

Salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam menangani Rosacea adalah menerimanya dan meredakannya. Sedikit kemerahan di kulit tidak mengubah fakta bahwa kamu adalah manusia dengan segala kekuranggannya. Kamu bisa menangani dan mencegah Rosacea terjadi pada kulit wajah dengan menghindari faktor-faktro pemicu.

Jika kamu memiliki gejala Rosacea atau hal ini sudah terjadi pada kulitmu, lakukan beberapa tips di atas untuk mengurangi peradangannya dan mencegahnya menjadi semakin semakin parah.

Penulis: Iffah Nurahmah

#GrowFearless with FIMELA  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading