6 Tips Perawatan Rambut dan Kulit Kepala Buat Kamu yang Hobi Berolahraga

Karla Farhana30 Des 2019, 16:00 WIB
Olahraga

Fimela.com, Jakarta Bagi pecinta olahraga, kadang merawat rambut agar tetap mengembang dan tidak lepek agak sulit. Pasalnya, di satu sisi kamu tidak merasa nyaman dengan kulit kepala lembap dan area crown yang lepek. Namun, jika terlalu sering mencuci rambut, mahkota alamimu akan menjadi sangat kering dan akhirnya rapuh jika kurang nutrisi. 

Dry shampoo menjadi salah satu  emergency kit yang selalu bisa diandalkan untuk menyelematkan workout hair yang lepek dan terlihat basah usai berolahraga. Namun, tidak selamanya dry shampoo bisa digunakan terus menerus. Paling banyak, kamu cuma bisa menggunakan dry shampoo dua kali dalam seminggu.

Selebihnya, kamu tetap harus keramas untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sebum di kulit kepala dan rambut. Lagi pula, masalah lain seperti rambut kusut tidak bisa diatasi hanya dengan dry shampoo. Berikut ini beberapa tips tentang cara merawat rambut untuk kamu yang hobi berolahraga. 

1. Ikat Rambut Satin

[Fimela] Ikat Rambut Satin
Ikat Rambut Satin | unsplash.com/@weareglo

Pernahkah kamu menggunakan karet atau kunciran rambut yang lucu, namun pada akhirnya justru membuat rambut kusut? Bahkan, pada saat melepaskannya, rambut seakan menempel pada ikat rambut dan menimbulkan rasa sakit pada saat melepasnya. 

Untuk mengatasi hal ini, satin scrunchie atau ikat rambut terbuat dari bahan satin bisa menjadi penolong. Bahan satin licin sehingga tidak akan menimbulkan rasa sakit pada saat kamu melepaskannya. Rambut pun, tulis Shape.com, tidak akan kusut dan mudah untuk diatur kembali setelah berolahraga. 

2. Leave-in Spray

Biasanya, kondisioner tanpa bilas teksturnya krim dan justru ini bisa membuat rambut menjadi lebih berat dan lepek. Untuk itu, kamu lebih menggunakan leave-in spray. Ini kondisioner tanpa bilas, namun teksturnya cair, sehingga lebih ringan dan lebih mudah untuk didistribusikan ke seluruh helai rambut. Gunakan leave-in spray setelah berolahraga dan menggunakan dry shampoo. 

3. Hair ring

Kalau kamu tidak punya ikat rambut dari bahan satin, kamu juga bisa menggunakan hair ring untuk menguncir rambutmu tanpa harus membuat rambut kusut. Hair ring merupakan ikat rambut kecil, biasanya terbuat dari plastik dan bentuknya seperti kabel telepon. 

4. Scalp Scrub

Untuk membersihkan sebum yang berlebih, kotoran, dan sel kulit mati di kepala, kamu bisa menggunakan scalp scrub. Jangan gunakan scrub untuk tubuh, tetapi belilah scrub yang khusus untuk kulit kepala.

5. Minyak Alami

[Fimela] Minyak Argan
Ilustrasi Minyak Argan | unsplash.com/@primal_harmony

Ada begitu banyak jenis minyak alami yang bagus untuk menutrisi rambut. Seperti minyak argan, kelapa, zaitun, dan lain-lain. Gunakan minyak ini beberapa tetes saja untuk memijat kulit kepala dan aplikasikan pada helai rambut. Minyak alami ini, tulis Shape.com, akan membuat rambutmu tidak mudah kering ketika diikat agar lebih nyaman berolahraga. 

6. Co-wash

Mungkin istilah ini belum banyak dikenal di Indonesia. Co-wash merupakan singkatan dari conditioner wash, yang artinya kamu keramas menggunakan kondisioner. Jangan salah sangka dulu, kondisioner untuk co-wash dibuat khusus dengan bahan-bahan yang dapat membersihkan kulit kepala dan batang rambut dengan lembut, sekaligus menghaluskan batang rambut. Metode ini digunakan untuk menghindari pemakaian sampo yang terlalu banyak. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓