DIY Masker dari Pisang dan Minyak Brahmi untuk Rambut Lembut dan Sehat

Karla Farhana03 Jan 2020, 19:30 WIB
[Fimela] Rambut

Fimela.com, Jakarta Berbicara soal perawatan rambut, masker atau hair mask merupakan salah satu bagian paling penting dalam serangkaian perawatan rambut. Masker ini biasanya bukan cuma sekadar membantu detangling atau penyisiran menggunakan jari atau sisir, tetapi juga mampu menutrisi dan membuat tekstur rambut kembali sehat. 

Meski kamu bisa menemukan begitu banyak brand dan varian masker rambut di berbagai toko kecantikan, tetapi sebenarnya kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, menggunakan bahan yang sederhana, yaitu pisang dan minyak brahmi. 

Dilansir dari Health Line, pisang mengandung silica yang cukup tinggi. Rambutmu akan menjadi sangat halus dan mudah untuk di-styling karena ada kandungan silica ini. Termasuk mengatasi rambut kusut. 

Sementara, minyak brahmi merupakan minyak tradisional ayurveda dari India yang juga kerap kali digunakan untuk merawat kesehatan rambut para perempuan di sana. Minyak ini, tulis Nao Ayurveda, mengandung brahmi, amla, dan bhringaraj yang mampu memperkuat batang dan akar rambut. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Membuat Masker Rambut dari Pisang

[Fimela] Pisang
Ilustrasi pisang | unsplash.com/@giorgiotrovato

Kamu cuma membutuhkan dua macam bahan. Satu buah pisang yang matang, dan 1 sdm minyak brahmi. Blender pisang atau kamu juga bisa menghancurkannya menggunakan sendok makan. Kemudian saring, sehingga biji dan seratnya yang besar tidak akan menyangkut pada rambutmu nanti. 

Setelah disaring, campurkan dengan 1 sdm minyak brahmi hingga merata. Kemudian, keramaslah menggunakan sampo seperti biasa. Kemudian, bilas dan aplikasikan masker rambut pisang yang baru saja kamu buat. Diamkan 20-60 menit, bilas dan style rambut seperti biasanya. Selamat mencoba, ya!

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓