Agar Tidak Merusak Rambut, Ikuti Tips Mudah Memilih Hairspray

Karla Farhana03 Jan 2020, 17:00 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 17:00 WIB
[Fimela] Rambut

Fimela.com, Jakarta Menata rambut di cuaca panas seperti di Indonesia kadang agak sulit. Pasalnya, tatanan rambut akan mudah berubah dan rambut menjadi kusut dengan udara panas. Meski udara menjadi lebih sejuk belakangan ini, namun hujan juga bisa mengubah tatanan rambutmu. 

Untuk mempertahankannya, kamu sebaiknya menggunakan hairspray. Produk penataan rambut ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Sahabat Fimela. Namun, belum banyak orang tahu kalau hairspray mengandung alkohol yang mampu merusak kesehatan rambut. 

Dilansir dari Beautylish, alkohol memang pada awalnya mampu menutup kutikula dan membuat rambutmu tampak rapi, berkilau, dan tidak mudah kusut. Namun, ketika kutikula terus menutup, nutrisi yang ada pada produk perawatan rambutmu justru tidak bisa terserap ke dalam kutikula. 

Sehingga, rambut akan menjadi rusak, bercabang, kering, dan mudah patah. Selain itu, kutikula yang selalu menutup akibat alkohol juga bisa menghalangi kelembapan dan hidrasi untuk masuk menyerap ke dalam batang rambut. Efeknya juga sama, membuat rambut kering dan mudah patah. 

Hairspray Tanpa Alkohol

Perawatan Kecantikan Berbahaya
Mempertahankan makeup dengan hairspray. Sumber : independent.co.uk.

Untuk mempertahankan tatanan rambut tanpa merusaknya, Sahabat Fimela bisa memilih hairspray yang tidak mengandung alkohol. Namun, hairspray ini tidak akan membuat rambutmu sangat kaku. Jadi, mungkin hairspray ini tidak bisa menahan sanggul atau konde yang begitu besar. 

Namun, jika kamu hanya ingin mempertahankan blow dry dan tatanan rambut yang lebih sederhana, kamu bisa memilih hairspray tanpa alkohol. Selain itu, hairspray tanpa alkohol tidak akan menutup kutikula dengan sangat rapat. 

Tanpa alkohol, kandungannya juga akan larut dalam air, sehingga kamu tidak akan mengalami kerusakan rambut akibat product build up yang kerap kali disangka ketombe atau kulit kepala kering yang mengelupas. 

Simak video berikut ini

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓