Jangan Ulangi Kesalahan Perawatan Kulit Ini di Tahun 2020

Vinsensia Dianawanti03 Jan 2020, 17:30 WIB
Perawatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Memasuki 2020 rutinitas perawatan kulit tidak boleh ketinggalan. Tetap melakukan perawatan kulit paling tidak dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Sejumlah tren produk perawatan kulit pun telah dirilis untuk melengkapi rutinitasmu di 2020. Meski sudah berganti tahun, jangan sampai kamu mengulangi beberapa kesalahan perawatan kulit berikut ini, seperti dilansir dari Real Simple pada Jumat (3/1/2020).

1. Tidak membersihkan makeup dengan benar

Membersihkan wajah dari makeup dan kotoran memang penting dilakukan. Namun, apakah sudah dilakukan dengan benar? Sangat penting untuk membersihkan makeup secara menyeluruh untuk menghilangkan penghalang dan membersihkan pori-pori.

Double cleansing akan memberikan efek pembersihan yang jauh lebih efektif untuk menembus kulit hingga tingkat dalam. Gunakan pembersih krim atau balsem untuk menghilangkan makeup dan gel untuk pembersihan tambahan.

2. Tidak menggunakan produk sesuai tahapan

Beragam produk yang muncul dengan bahan aktif tertentu membuat kamu seringkali bingung untuk mengaplikasikannya ke kulit. Cara paling sederhananya adalah melapisi kulit dengan produk yang paling ringan. Baru kemudian dilapisi kembali dengan produk lebih kental hingga yang paling kental.

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner yang memiliki bahan dasar air. Kemudian serum dengan tekstur yang lebih ringan dan lebih mudah diserap kulit daripada krim. Krim berfungsi untuk meningkatkan tekstur kulit permukaan, menghaluskan, dan menyamarkan pori-pori.

 

3. Kurang konsisten

Perawatan Kulit
Ilustrasi perawatan kulit/copyright shutterstock

Dalam satu rangkaian produk perawatan kulit biasanya akan menampilkan hasil antara tiga hingga empat minggu. Sementara, selalu muncul produk perawatan kulit baru yang membuat kita berpaling dari rangkaian perawatan kulit yang lama. Biasanya, godaan ini muncul ketika kamu menemukan stylist, makeup artist, atau teman beropini tentang suatu produk.

Jadi, mulai bersabar untuk melihat hasil dari penggunaan produk perawatan kulitmu. Agar kamu bisa tahu manfaat maksimal dari produk tersebut seperti apa di kulitmu.

4. Menggunakan produk yang salah

Dengan tren produk perawatan kulit yang mengarah pada penggunaan bahan yang lebih aktif, kita tentu harus semakin berhati-hati terhadap efek yang ditimbulkan pada kulit kita. Secara umum, mungkin produk tersebut menjadi lebih canggih dari yang sebelumnya. Namun bisa jadi tidak cocok di kulit kita.

Sebelum memilih produk, kamu harus kenali dulu jenis kulitmu. Dari situ, kamu akan belajar bagaimana cara merawat dan menemukan produk perawatan kulit yang tepat.

5. Kulit terlalu banyak terekspos matahari

Perlindungan kulit dari matahari menjadi suatu hal wajib sebelum keluar rumah. Gunakan sunscreen, pakaian lengan panjang, atau bahkan topi untuk mengurangi terpaan sinar matahari langsung ke kulit. Paparan langsung dari sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓