Tidak Perlu Beli, Buat Sendiri Body Butter dengan Bahan-Bahan Alami untuk Kulit Kering

Karla Farhana06 Jan 2020, 07:30 WIB
[Fimela] Ilustrasi Skincare

Fimela.com, Jakarta Udara dingin dan musim hujan kadang membuat kulitmu menjadi lebih kering. Saking keringnya, kulit bisa terlihat seperti bersisik dan terasa sakit seperti tertarik. Tidak mudah memilih skincare untuk kulit cenderung super kering. Pasalnya, banyak body lotion yang hanya melembapkan kulit untuk beberapa jam saja. 

Pasalnya, Shape.com menulis, lotion mengandung lebih banyak air dibandingkan dengan body butter. Sementara, body butter yang lebih lama melembapkan kulit biasanya terasa agak lengket. 

Untuk mengatasinya, Sahabat Fimela bisa mencari body butter yang mengandung mango butter. Bahan baku yang biasanya dibuat di Ghana ini melembapkan kulitmu dalam waktu yang lebih lama, namun terasa tidak begitu lengket dikulit. 

Tidak seperti shea butter, bahan ini juga memiliki aroma alami yang lebih lembut. Better Shea Butter menulis, mango butter juga tidak menyumbat pori-pori kulit, sehingga kamu tidak akan khawatir akan muncul jerawat jika dikenakan pada punggung atau bahkan kulit wajah. Kamu juga bisa membuat body butter sendiri menggunakan bahan ini. 

Buat Sendiri Body Butter dari Mango Butter

[Fimela] Body Butter
Ilustrasi body butter | unsplash.com/@andiwhiskey

Tentu saja, kamu membutuhkan unrefined mango butter. Kalau bisa, organik. Tidak ada ketentuan berapa gram kamu memerlukannya untuk membuat body butter ini. Kemudian, kamu bisa mencampurnya dengan minyak alami yang ringan dan tidak akan menyumbat pori-pori. Seperi 1 sdm minyak zaitun atau grapeseed oil. 

Cara Membuat

Gunakan mixer untuk melembutkan dan mencampur semua bahan yang sudah kamu sediakan tadi. Kira-kira, kocok bahan-bahan ini selama 5 menit. Setelah halus, masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah kaca yang kedap udara. Body butter buatan sendiri siap untuk kamu gunakan di malam hari. 

#Growfearless with FIMELA

Lanjutkan Membaca ↓