Sukses

Beauty

6 Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Mengaplikasikan Lipstik

Fimela.com, Jakarta Lipstik adalah salah satu produk makeup yang rasanya paling mudah untuk diaplikasikan. Kamu hanya tinggal mengoleskan pada permukaan bibir untuk memberikan rona warna berbeda. Sayangnya, kerap kali hasil yang kita inginkan tak terwujud dengan maksimal. Seperti lipstik yang menempel pada gigi hingga rona warna bibir yang tak merata.

Dilansir dari thelist.com, intip 6 kesalahan yang kerap terjadi dalam pengaplikasian  dan sebaiknya kamu hindari.

Bibir pecah-pecah

Bila lipstik diaplikasikan pada permukaan bibir yang kering dan pecah-pecah tentu hasil riasannya tak akan terlihat prima. Bibir akan terlihat kusam, tidak merata dan tak sedap dipandang. Untuk menghindari hal ini, pastikan minum air minimal 6 gelas per hari karena salah satu penyebab bibir yang kering adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Jika hidrasi tidak menyelesaikan masalah bibir yang pecah-pecah, oleskan lip balm, seperti vaseline, aquaphor, atau produk lainnya yang dapat membuat kulit bibir menjadi lembap dan halus. Oleskan lip balm 15 menit sebelum memakai lipstik.

Pentingnya eksfoliasi 

Selain menjaga agar bibir tetap terhidrasi, eksfoliasi sebelum memakai lipstik juga penting. Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada bibir, gunakan scrub lembut yang melembapkan dan mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu bisa juga membuat scrub bibir sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan hanya campuran satu sendok teh madu dan sedikit gula pasir. Oleskan pada bibir sambil digosok perlahan dan diratakan. Diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air bersih, sangat mudah bukan? 

Lip liner

Lip liner adalah produk makeup tambahan untuk membuat riasan bibir terlihat lebih rapi. Memakai lip liner dengan benar membuat lipstik lebih tahan lama dan bibirmu akan terlihat lebih penuh. Lip liner bisa digunakan setelah memakai lipstik karena akan mempermudah kamu untuk melihat bagian mana yang membutuhkan bingkai. Produk ini juga dapat menutupi ujung bibir yang lebih gelap sehingga tampilan makeup akan terlihat jauh lebih baik.

Aplikasikan lip liner di seluruh bibir atas dan bawah. Jangan lupa pastikan lipstik menyatu dengan lip liner sampai ke ujungnya. Untuk tampilan terbaik, gunakan lip liner yang cocok dengan warna lipstik yang kamu pakai. Usahakan warnanya semirip mungkin agar tidak terlihat aneh. Tidak lebih muda atau lebih tua.

Menggunakan lipstik yang tidak sesuai dengan warna kulit

Sama seperti foundation yang memiliki warna berbeda, begitu pula lipstik. Menemukan warna yang tepat sangat penting untuk menyatukan penampilan kamu. Untuk kamu yang memiliki warna kulit kuning langsat kamu bisa menggunakan lipstik berwarna merah muda. Sedangkan kamu yang memiliki warna kulit putih dapat mengenakan warna apa saja, sementara warna kulit yang lebih sawo matang harus menghindari warna-warna yang terlalu pucat pada bibir, gunakan warna yang lebih natural agar tampilanmu terlihat natural.

 

Perhatikan pemilihan warna dan ukuran bibir

Lipstik sebenarnya dapat mengecilkan atau memperbesar bibir, tergantung pada warna yang kamu gunakan. Nuansa gelap dan matte akan membuat bibir terlihat lebih tipis, sementara warna-warna terang dan mengkilap dapat membuat bibir terlihat lebih penuh. Ini tergantung pada tampilan yang diinginkan, kamu dapat menggunakan lipstik untuk meningkatkan atau meminimalkan ukuran bibir.

 

Memakai lipstik secara berlebihan

Sama halnya dengan lip liner, kamu juga dapat memakai lipstik secara berlebihan yang akhirnya dapat menempel pada gigi. Untuk menghindari hal ini, tentu ada triknya. Setelah kamu mengaplikasikan lipstik, letakkan jari di mulut, tutup mulut di sekitar jari, dan geser ke arah luar. Cara ini akan menghilangkan lipstik di bagian dalam bibir yang akan menyentuh gigi. 

Itulah beberapa kesalahan dalam pengunaan lipstik yang harus kamu hindari. Terapkanlah dari sekarang agar tampilan bibir terlihat maksimal.

Penulis: Rafinda Eki Puspitasari

#GrowfearlesswithFimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading