6 Produk Kecantikan yang Perlu Dihindari Selama Cuaca Ekstrem

Vinsensia Dianawanti14 Jan 2020, 07:30 WIB
ilustrasi produk kecantikan - makeup

Fimela.com, Jakarta BMKG memperkirakan cuaca ekstrem akan terjadi sepanjang minggu ini. Selain stamina, kamu juga perlu mempersiapkan perawatan kulit yang tepat. Sehingga penghalang kulit tetap terjaga dan kulit tetap sehat.

Untuk itu, kamu perlu sedikit memodifikasi rutinitas kecantikanmu. Salah satunya dengan menghindari penggunaan produk kecantikan yang berbahaya bagi kulit. Seperti dilansir dari Boldsky pada Selasa (14/1/2020), setidaknya ada enam jenis produk kecantikan yang perlu kamu hindari selama cuaca ekstrem.

1. Produk yang mengandung alkohol

Alkohol cenderung membuat kulit kita kering. Jika digunakan pada cuaca ekstrem seperti ini tentu akan membuat kulit semakin kering. Ada beberapa produk kecantikan yang mengandung alkohol, seperti toner. Toner mampu menghilangkan kotoran dan menyeimbangkan pH kulit. Selama cuaca ekstrem ini, lebih baik kamu menggunakan produk organik.

2. Sabun

Sabun menjadi produk kecantikan yang tidak ramah bagi kulit. Ia memiliki pH yang jauh lebih tinggi dari kulit. Dengan menggunakan sabun yang keras dapat mengganggu keseimbangan pH dan menghilangkan kelembapan kulit. Lebih baik gunakan pembersih wajah yang lembut.

 

3. Scrub yang terlalu kasar

Produk kecantikan
Ilustrasi produk kecantikan/copyright shutterstock

Eksfoliasi memang merupakan bagian penting dari perawatan kulit untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Namun kamu tidak perlu melakukan eksfoliasi secara berlebihan. Lakukan eksfoliasi sekali dalam seminggu menggunakan scrub lembut.

4. Makeup berbasis bubuk

Produk makeup terdiri dari beragam tekstur, seperti krim, bubuk, hingga gel. Produk bubuk memang mudah diaplikasikan sebagai bedak dasar, perona pipi, hingga kontur. Penggunaan produk makeup berbasis produk akan membuat sekresi minyak berkurang. Jika digunakan ketika cuaca ekstrem akan membuat penyerapan minyak berlebihan hingga menyebabkan kulit keting.

5. Claymask

Claymask digunakan untuk menyerap kelebihan minyak dan kotoran kulit. Ia juga membersihkan kulit secara mendalam. Menggunakan claymask di cuaca ekstrem akan membuat kulit semakin kering. Pilihlah masker yang kaya akan hidrasi untuk memberikan kelembapan ekstra.

6. Produk dengan parfum

Siapa yang tidak suka dengan wewangian? Semua orang mungkin menyukainya namun tidak dengan kulit. Kulit kering dan penggunaan produk dengan parfum merupakan kombinasi yang sangat tidak tepat. Produk dengan parfum bisa mengiritasi kulit karena dalam cuaca ekstrem kulit cenderung berada pada kondisi kering.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓