Kenapa Jerawat Masih Muncul di Musim Hujan?

Vinsensia Dianawanti15 Jan 2020, 10:30 WIB
Jerawat

Fimela.com, Jakarta Meski di musim hujan udara terasa dingin dan lembap, bukan berarti jerawat tidak bisa muncul. Terkadang jerawat di musim hujan bisa jadi lebih buruk daripada yang terjadi di musim kemarau.

Melansir dari Boldsky pada Rabu (15/1/2020) cuaca hingga kebiasaan menjadi pemicu timbulnya jerawat di musim hujan. Seperti apa penjelasannya?

1. Cuaca dingin

Kulit juga cenderung menjadi kering ketika musim hujan. Kulit akan melepaskan minyak dan kelembapan alam dan memproduksi minyak berlebih untuk menyeimbangkan kelembapan. Sementara kelebihan minyak pada kulit bisa menjadi tempat berkembang biaknya jerawat.

2. Mandi air dengan panas

Sangat nyaman memang mandi dengan air panas di tengah cuaca yang dingin. Namun ternyata air panas menyerap kelembapan kulit sehingga membuat kulit menjadi kering dan rentan terhadap kerusakan.

3. Skincare yang terlalu tebal

Mengalami pergantian musim artinya kamu juga harus memodifikasi perawatan kulit yang digunakan. Selama musim hujan jangan gunakan skincare yang memiliki formula tebal. Krim yang tebal akan menyumbat pori-pori dan mengundang jerawat.

 

4. Terlalu banyak pelembap

Jerawat
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Pelembab memang dibutuhkan. Tetapi jangan digunakan berlebihan. Penggunaan pelembap yang berlebihan juga akan menghalangi pori-pori kulit dan akhirnya menyebabkan jerawat.

5. Kekurangan pelembap

Kekurangan pelembap juga bisa menimbulkan jerawat karena kulit kekurangan kelembapan. Untuk mengakalinya, aplikasikan pelembap secara berulang ketika sudah terlalu kering,.

6. Tidak menggunakan sunscreen

Meskipun tampaknya sinar matahari tidak terlihat selama musim hujan, bukan berarti bahaya sinar UV menjadi berkurang. Sinar matahari tetap akan menembus awan tanpa kita sadari sehingga kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari. Aplikasikan sunscree ringan secara berulang sehingga tidak menyumbat pori-pori.

7. Mengurangi mencuci muka

Memang air menjadi begitu dingin untuk disentuh. Namun jangan sampai mengurangi intesitasmu mencuci muka. Meski musim hujan kotoran dan minyak tetap akan menempel pada wajah. Belum lagi jika kamu masih menggunakan makeup untuk aktivitas di luar rumah. Tetap mencuci wajah dan eksfoliasi seara rutin sehingga sel kulit mati tidak menumpuk dan tidak menyumbat pori-pori.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓