3 Tahapan Pengaplikasian Produk Skincare yang Tepat Setelah Olahraga

Vinsensia Dianawanti17 Jan 2020, 13:30 WIB
olahraga HIIT

Fimela.com, Jakarta Mewujudkan resolusi sehat di 2020 bisa dilakukan dengan mengatur pola makan dan olahraga rutin. Serutin apapun kamu berolahraga jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan kulit dengan penggunaan skincare yang tepat.

Keringat, kotoran, dan makeup akan semakin menumpuk setelah berolahraga. Kebersihan kulit yang tidak dijaga akan menimbulkan jerawat dan sejumlah masalah kulit lainnya.

Melansir dari Purewow pada Kamis (16/1/2020) seorang dokter kulit bernama Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin menyarankan untuk melakukan tiga tahapan skincare berikut ini setelah olahraga.

1. Melepaskan pakaian olahraga

Mengganti atau melepaskan pakaian olahraga ketat yang digunakan sangat penting untuk mencegah penyumbatan pada kulit. Pakaian olahraga yang ketat menyerap kotoran dan keringat yang kemungkinan akan menyumbat pori-pori. Setelah itu, disarankan untuk mandi dengan sabun antijamur untuk mencegah timbulnya jamur di sekujur tubuh setelah berolahraga.

 

2. Membersihkan kulit dengan alat yang tepat

perempuan olahraga
ilustrasi olahraga/Photo by Jonathan Borba from Pexels

Setelah ganti baju dan mandi, penting juga untuk membersihkan wajah untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan semua riasan yang tidak dihapus sebelum olahraga. Jika tidak segera dibersihkan akan meninbulkan jerawat bahkan memperburuk jerawat yang sudah ada.

Usahakan untuk membersihkan wajah dengan alat, bukan dengan tangan. Kini banyak facial brush yang bisa digunakan untuk melakukan pembersihan lebih mendalam dan disesuaikan dengan berbagai jenis kulit.

3. Perawatan yang tepat untuk jerawat

Jika sudah memiliki jerawat, keringat bisa memperburuk kondisinya. Levin menyarankan untuk menggunakan tisu yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Fungsinya untuk mencegah penyumbatan dan meredakan peradangan.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓