Usia Berapa Perempuan Sudah Mulai Menggunakan Makeup dan Produk Skincare?

Anisha Saktian Putri23 Jan 2020, 12:00 WIB
Skincare

Fimela.com, Jakarta Beragam produk skincare atau makeup kini tidak hanya digunakan oleh perempuan dewasa saja, namun sebagian dari generasi Z sudah mulai menggunakan produk makeup seperti concealer tiga kali lebih banyak untuk menutupi jerawat.

Fakta tersebut didapatkan dari survei yang dilakukan oleh Zap Clinic bersama MarkPlus Inc. Online survei dilakukan kepada 6.460 responden perempuan di Indonesia sepanjang Juli-September 2019, yang mencakup potret dari perilaku tiga generasi berbeda di dunia kecantikan, yakni Genk X (45-65 tahun), Gen Y (23-44 tahun), dan Gen Z (13-22) tahun.

"Generasi Z tiga kali lipat dibandingan Gen X dan Gen Y, mereka mengunakannya untuk menutupi jerawat dan bekas jerawat, hingga kantung mata," ujar Chief Operation MarkPlus Institut, Yosanova Savitry saat ditemui dalam acara Zap Beauty Index 2019, di Jakarta.

Menurut Yosanova, bukan hanya menggunkaan concealer. Generasi Z tidak pernah lupa unntuk menggunakan masker wajah lembaran agar wajahnya bersinar.

Survei ini juga menunjukan sekitar 45,4 persen perempuan di Indonesia menggunakan skincare sebelum usia 19 tahun. Menariknya, survei tersebut menemukan jika ternyata beberapa dari koresponden yang berusia 13 tahun juga sudah memikirkan masalah penuaan dini.

Pergi ke Klinik Kecantikan

Tips perawatan wajah
Gejala penuaan dini juga bisa dicegah dengan beberapa perawatan ekstra di klinik kecantikan (Foto: dokumen Insta Beauty Signature)

Satu dari empat perempuan di Indonesia kerap rutin melakukan perawatan di klinik kecantikan sebelum berusia 19 tahun. "Mereka rela untuk menghabiskan uang untuk perawatan wajah, jadi uang mereka akan habis untuk membeli produk kecantikan.," paparnya.

Bahkan, sebelum ada masalah wajah mereka yang di bawah usia 19 tahun datang ke klinik kecantikan hanya untuk memastikan kulit mereka sehat bebas dari masalah.

"Kalau dulu pergi ke Klinik Kecantikan saat sudah bekerja, tapi sekarang di bawah 19 tahun sudah pergi ke klinik kecantikan. Bahkan setelah perawatan wajah mereka akan tetap ke klinik kecantikan untuk memastikan wajah bebas dari masalah," tutupnya.

 

 

#growfearless with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓